Pemerintah Mencabut Subsidi KA Ekonomi Jarak Jauh

Pemerintah Mencabut Subsidi KA Ekonomi Jarak Jauh

Seputar kereta api. Pemerintah melalui kemenhub mengisyaratkan akan tidak memberlakukan PSO/public servis obligation atau subsidi untuk kereta api ekonomi jarak jauh. Hal ini sudah pernah berlaku sebelum bulan november 2013, dan setelah bulan november hingga desember 2013 PSO dicairkan oleh pemerintah. Kini tahun 2014 pemerintah mencabut lagi subsidi untuk kereta api ekonomi jarak jauh.

Dengan dicabutnya subsidi KA ekonomi jarak jauh, maka tarif yang berlaku adalah tarif komersial. Kalaupun mendapat jatah dana PSO, maka jumlahnya akan jauh berkurang dari yang diterima sekarang.  “Tidak komersial juga kalau dipandang perlu, kami masuk. Buktinya, kelas ekonomi yang sekarang ber-AC penuh. Artinya kemampuan penumpang makin baik,” tutur Wamenhub Bambang Susantono.

Meskipun demikian, wamenhub akan menggodok besarnya dana PSO untuk 2014, akan tetapi besaran dana tersebut akan diforsirkan untuk wilayah Jabodetabek dalam hal ini untuk kereta kommuter line. 

VP PR PT KAI menyebutkan, berdasarkan estimasinya, kemungkinan PT KAI akan mendapatkan dana sebesar Rp 800 Milyar dari total tersebut Rp 500 milyar untuk commuter line sedangkan sisanya untuk kereta api lokal. (argo raung)



0 Response to "Pemerintah Mencabut Subsidi KA Ekonomi Jarak Jauh"

Post a Comment