Lokomotif CC 300 Test Run



lokomotif CC 300 test runHalo railway mania...Hari ini akan saya rangkumkan perjalanan Lokomotif CC 300 test run bulan Februari 2014. Lokomotif CC 300 14 01 dan CC 300 14 02 banyak di tunggu kedatangannya oleh para penggemar kereta api dari semua kalangan. Jelas karena kereta ini sangat langka, jarang sekali muncul untuk menarik kereta api di lintasan. Lokomotif CC 300 yang berwarna merah menyala ini selesai di kerjakan pada tahun 2014 oleh PT INKA. Jadi lokokmotif ini buatan anak Negeri, buatan bangsa Indonesia dengan desain dan pengerjaan dari kreasi anak bangsa, sungguh hebat.

Mesin CC 300 menggunakan caterpilar dengan kompresor dari woojin Korea Selatan, boogie atau trucks dari PT Barata Indonesia Persero. Lokomotif CC 300 merupakan jenis Diesel Hidrolis yang spesialis dalam medan banjir seprti yang pernah terjadi di porong dan di jalur pantura. Lebih jelasnya bisa baca : Banjir Porong ganggu Perka dan Banjir di Stasiun Semarang Tawang mengganggu perjalanan KA Unggulan.

Berikut ini rangkaian test run lokomotif CC 300 14 01 duos CC 300 14 02 dari madiun menuju Surabaya Gubeng kemudian lokomotif CC 300 menginap di Dipo Sidotopo. Hari Rabu tanggal 26 Februari 2014 dijalankan PLB 8023 (PLB uji coba Inka) lintas SGU ML/ Surabaya Gubeng Malang. Detail rangkaian adalah sebagai berikut, Lokomotif CC 300 14 01 + CC 300 14 02 kemudian 4 gerbong khusus dari INKA yang berwarna hijau muda, 5 gerbong K3 Ekonomi dan 1 gerbong MP2 Bisnis. KLB 8023 Berangkat dari stasiun gubeng pada pukul 10.35 melintas di perlintasa jalan Nias Surabaya dengan kecepatan antara 60kpj.  Rangkaian PLB 8023 diperkirakan sampai di Stasiun Malang pada pukul 13.30 berhenti di stasiun Sidoarjo, Bangil dan Malang.
PLB 8024 lintas Malang Surabaya Gubeng diberangkatkan kembali dari stasiun Malang pada pukul 13.30 dengan rangkaian yang sama. Datang di stasiun gubeng pada pukul 17.35 dengan tanpa kendala.

lokomotif CC 300 14 02

Lokomotif CC 300
lokomotif CC 300

Kamis Tanggal 27 Februari 2014 dijalankan lagi PLB 8023 lintas SGU ML dengan rangkaian yang sama, diberangkatkan dari stasiun gubeng pada pukul 10.35 datang di stasiun malang pada pukul 13.50. Setalah itu dijalankan kembali PLB 8024 lintas Malang Surabaya Gubeng dengan mengalami keterlambatan dari jadwal semula, pantauan kami pukul 18.00 Masih berada di stasiun Bangil keduluan kereta api penataran ekspress masuk gubeng. Lokomotif CC 300 test run kembali ke kandangnya di Madiun pada pukul 22.50 hari kamis tanggal 27 Februari 2014.

Demikian railway mania, rangkaian perjalana luar biasa uji coba lokomotif CC 300 test run pada tahun 2014. Selamat bagi penggemar kereta api yang sudah mendapatkan obyek foto yang bagus, selamat buat INKA dan PT KAI semoga tambah jaya.


3 Responses to "Lokomotif CC 300 Test Run"

  1. Kenapa KAI tidak membeli produk sendiri ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebijakan direksinya mas. Sayang banget kalau ndak beli di inka ya

      Delete