Home » » Nama Kereta Api Eksekutif di Indonesia

Nama Kereta Api Eksekutif di Indonesia

Halo railway mania, Tahukah jika nama kereta api eksekutif di Indonesia itu ada 15 (lima belas). Lima Belas nama kereta api eksekutif yang akan saya sajikan ini murni kereta api eksekutif bukan kereta campuran dalam arti dalam satu rangkaian ada kereta eksekutif, bisnis dan ekonomi. Jelas layanan kereta api eksekutif sangat diutamakan dan harganya lebih mahal dibanding dengan kereta ekonomi dan bisnis. Sebenarnya ada juga kelas argo dan kelas satwa, namun saya lihat saat ini kelas-kelas tersebut tidak ada bedanya dengan kereta api eksekutif lainnya, baik secara harga maupun secara layanan.

Nama Kereta Api Eksekutif di Indonesia

Berikut ini nama kereta api eksekutif di Indonesia yang berjumlah 15 (lima belas) :

  1. Argo Bromo Anggrek Pagi dan Argo Bromo Anggrek Malam. KA Argo Bromo melayani rute Surabaya Pasarturi - Jakarta Gambir
  2. Argo Sindoro. KA Argo Sindoro sama dengan Argo Bromo menggunakan nama gunung di sekitar daerah pemberangkatan kereta tersebut. Rute KA Argo Sindoro Semarang Tawang - Jakarta Gambir
  3. Argo Muria. KA Argo Muria diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang dan berakhir di Stasiun Gambir Jakarta
  4. Sembrani. KA Sembrani jurusan Surabaya Pasarturi Jakarta Gambir dengan pemberhentian di stasiun Lamongan, Bojonegoro, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Jatinegara, Gambir.
  5. Argo Jati. KA Argo Jati melayani Rute Cirebon Gambir dengan intensitas perjalanan yang banyak.
  6. Bangunkarta. Dulu bangunkarta melayani KA eksekutif dan bisnis serta pemberangkatannya dari Jombang. Saat ini Bangunkarta hanya melayani KA Eksekutif dan diberangkatkan dari Stasiun Gubeng Tujuan Gambir.
  7. Argo Lawu. Kereta Argo Lawu merupakan KA jurusan Solobalapan tujuan Jakarta Gambir.
  8. Argo Dwipangga. Kereta ini melayani rute Solobalapan tujuan Jakarta Gambir dengan pemberangkatan malam hari.
  9. Taksaka. KA Taksaka ada dua jadwal, pagi dan malam, Kereta ini melayani rute Yogyakarta Jakarta Gambir.
  10. Bima. Kereta api ekspress malam Bima jurusan Surabaya Gubeng Jakarta Gambir dengan pemberangkatan sekali yaitu sore hari.
  11. Gajayana. KA Gajayana ini jagonya kereta api Malang Jakarta, KA Ini termasuk KA paling laris.
  12. Argo Wilis. Kereta Argo Wilis jurusan Surabaya Gubeng Bandung dengan pemberangkatan pagi hari, biasanya menggunakan lokomotif CC 206, jarang menggunakan CC 201 dan 203.
  13. Turangga. KA Turangga jurusan Surabaya Gubeng Bandung diberangkatkan malam hari.
  14. Kereta Api Argo Parahyangan Bandung Jakarta (Gambir) dengan 6 kali keberangkatan tiap hari. Menggunakan rangkaian KA Bangunkarta, Turangga dan rangkaian asli KA Argo Parahyangan.
  15. Kereta Api Purwojaya Cilacap Jakarta Gambir PP.
Nah itu dia nama kereta api eksekutif di Indonesia raya, ada Lima Belas K1 dengan jadwal dan jurusan yang berbeda beda. Untuk mengetahui jadwal masing-masing kereta eksekutif tersebut selangkapnya bisa menggunakan faslitas search pada pojok kanan atas blog ini.

5 comments:

  1. lho, ko ga ada KA Argo Parahyangan??
    :-?

    ReplyDelete
  2. Penambah ilmu pengetahuan tentang kereta

    ReplyDelete
  3. Udah update list jadi 15 (lima belas) tapi dalam keterangan masih tertulis 13 (tiga belas).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya revisi Mas Roni, terima kasih atas koreksinya.

      Delete