Rekrutmen Masinis PT KAI 2016

Rekrutmen Masinis PT KAI 2015Halo railway mania, masyarakat pecinta dan pengguna kereta api. Bagi putra bangsa yang ingin menjadi masinis 2016, kini ada kesempatan dengan di buka rekrutmen masinis PT KAI 2015. PT KAI membuka rekrutmen masinis bagi pria yang berusia 18-30 tahun dengan kualifikasi pendidikan D3, IPA, IPS, SMK listrik, Elektronika, Otomotif, Mesin, Bangunan dengan nilai rata-rata NEM 6.50. Calon peserta rekrutmen masinis tidak boleh buta warna atau berkacamata, tidak bertato, tidak bertindik dan tinggi badan minimal 160 cm. Bagi yang berminat mendartarkan diri menjadi masinis PT KAI 2015 yang memenuhi persyaratan awal tadi silakan mencoba mendaftarkan diri, siapa tahu keinginan menjadi seorang masinis terpenuhi di rekrutmen kali ini. Pelaksanaan test dilaksanakan tanggal 21 s.d 23 Juli 2015.

Saat ini masih belum dibuka perekrutan masinis PT KAI. Tapi jika anda ingin menjadi pegawan PT KAI, silakan simak info update paling bawah :

Apa saja Kriteria menjadi Masinis PT KAI ?
    1.  Warga Negara Indonesia (WNI).
     2.  Sehat jasmani /rohani serta tidak buta warna.
     3.  Berkelakuan baik.
     4.  Berijazah Diploma 3 semua jurusan  dan memiliki ijazah SMA IPA/ SMK  Listrik/ Mesin / Otomotif untuk formasi Calon Masinis dengan IPK serendah - rendahnya 2.95 (dua koma sembilan lima).
     5.  Berijazah Diploma 3 Program Studi Teknik  Elektro/Mesin untuk formasi Operator Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) dengan IPK serendah rendahnya 2.95 (dua koma sembilan lima).
     6.  Untuk pendidikan Diploma 3 jenis pekerjaan Operator  Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR), Program Studi Teknik Elektro terakreditasi “ A “ pada tanggalkelulusan dan untuk Program Studi Teknik Mesin minimal terakreditasi “B” pada tanggal kelulusan.
     7.  Berijazah SMA/SMK  dan NEM/UAN rata-rata serendah-rendahnya 6,5 (Enam koma Lima) untuk formasi tenaga pemeliharaan dan operasional selain Calon Masinis dan Operator  Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR).
     8.  Usia pelamar per 01 desember 2015 serendah-rendahnya 18 (Delapan Belas) tahun, setinggi-tingginya 30 (Tiga Puluh) tahun.
     9.  Diutamakan pria.
    10. Tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika.
    11. Khusus pria tidak bertindik.
    12. Tidak bertato.

     Persyaratan Umum Lamaran

     1.  Foto copy ijazah Diploma 3 dan SMA/SMK yang dilegalisir.
     2.  Foto copy transkrip nilai Diploma 3 dan NEM/UAN SMA/SMK yang dilegalisir.
     3.  Foto Copy Akreditasi program studi dari BAN-PT (http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php) pada saat  tanggal kelulusan.
     4.  Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
     5.  Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar.
     6.  Curicullum Vitae (CV) dengan mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini.
     7.  Surat lamaran kerja ditulis tangan dan ditandatangani diatas materai Rp 6.000,00.
     8.  Surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang.
     9.  Surat keterangan kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian yang masih berlaku.
    10. Foto copy akta kelahiran / surat kenal lahir.
    11. Surat keterangan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan (disediakan  sewaktu tandatangan kontrak magang).
    12. Surat pernyataan bersedia dikeluarkan dari perusahaan tanpa tuntutan dalam bentuk apapun,  apabila data yang diberikan  pada saat melamar tidak benar atau palsu, bermaterai Rp 6.000,00 (disediakan sewaktu tandatangan kontrak magang).

    keterangan :

    -  Persyaratan 1 s/d 5 diupload via website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 21 – 23 November 2015 dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 Mb.

    -  Persyaratan 5 s/d 12 dibawa pada saat penandatanganan kontrak magang.

     Tahapan Seleksi

     1.  Tahap I    :  Seleksi Administrasi

     2.  Tahap II   :  Seleksi Kesehatan Awal

     3.  Tahap III  :  Seleksi  Psikologi

     4.  Tahap IV  :  Seleksi Wawancara

     5.  Tahap V   :  Seleksi Kesehatan Akhir



     Prosedur Pelaksanaan Seleksi

    1.  Pelamar melakukan upload persyaratan umum poin 1 s.d 5 pada tanggal 21 s.d 23 November 2015 di website rekrut.kereta-api.co.id.
    2.  Bagi pelamar yang melakukan upload data diluar tanggal yang sudah ditentukan, maka dianggap tidak melakukan upload data/ pendaftaran.
    3.  Pelamar yang lulus seleksi tahap 1 (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap 2 (Seleksi Kesehatan Awal) yang akan diumumkan melalui website rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 27 November 2015.


    Pendidikan Yang Dibutuhkan

    1. Tenaga Operasional, Pemeliharaan Sarana dan Pemeliharaan Prasarana kualifikasi pendidikan SMA IPA dan SMK Listrik/Elektro/Mesin/Otomotif/Mekatronika/Bangunan.
    2. Operator Mesin Perawat Jalan Rel (MPJR) kualifikasi pendidikan Diploma 3 Program Studi Teknik Mesin/Elektro
    3. Calon Masinis kualifikasi pendidikan Diploma 3 semua Program Studi dan memiliki ijazah SMA IPA/SMK Listrik/Mesin/Otomotif.

    UPDATE INFO Lowongan Kerja PT KAI 14 Juli 2016 :
    Open Rekrutmen Pegawai PT KAI Bulan Juli 2016 sebagai berikut :

    a.   Prosedur Pelaksanaan Seleksi
          1.  Pelamar melakukan registrasi dan upload berkas sesuai persyaratan umum lamaran poin 1 - 5 melalui web rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 14-18 juli 2016.
          2.  Pelamar yang melakukan upload data diluar tanggal yang sudah ditentukan, maka dianggap tidak melakukan registrasi dan upload data.
          3.  Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II yaitu Seleksi Kesehatan Awal yang akan.
               diumumkan pada tanggal 23 Juli 2016.
          4.  Seluruh tahapan seleksi akan dilaksanakan di Bandung.
          5.  Pengumuman hanya dilakukan melalui website resmi rekrut PT Kereta Api Indonesia (Persero) (www.rekrut.kereta-api.co.id).
          6.  Proses pelaksanaan rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun, dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak
               yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrutmen.

    b.  Kriteria Pelamar
         1.  Warga Negara Indonesia (WNI).
         2.  Usia :
              -  tingkat S1 serendah-rendahnya 23 (dua puluh tiga) tahun, setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 juli 2016;
              -  tingkat D3 serendah-rendahnya 22 (dua puluh dua) tahun, setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun per 1 juli 2016.
        3.   Memiliki ijazah dengan :
              -  program studi tingkat S1 terakreditasi “a” pada saat tanggal kelulusan,
              -  program studi tingkat D3 terakreditasi minimal “b” pada saat tanggal kelulusan.
        4.   IPK minimal 2,95.
        5.   Tinggi badan 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan ideal untuk pria dan 155 (seratus lima puluh lima) cm untuk
              wanita dengan berat badan seimbang/ideal, bagi formasi D3/S1.
        6.   Tinggi badan pria 165 (seratus enam puluh lima) cm dan wanita minimal 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan
              seimbang/ideal, bagi formasi D3 calon kondektur dan D3 calon masinis.
        7.   Tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain.
        8.   Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
        9.   Berkelakuan baik dengan dibuktikan dengan surat dari POLRI (SKCK).
       10.  Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.
       11.  Tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika.
       12.  Khusus pria tidak bertindik.
       13.  Tidak bertato.
       14.  Apabila terdapat pelamar yang belum mendapatkan ijazah maupun transkrip nilai, pelamar dapat membuktikan dengan surat
              keterangan lulus (SKL) yang terdapat nilai IPK akhir dengan tetap memenuhi persyaratan lainnya sebagaimana yang tercantum
              diatas. (catatan : pada saat tanda tangan kontrak PKM ijazah/transkrip nilai asli harus ada)

    c.  Persyaratan Umum Lamaran
         1.  Fotocopy ijazah D3/S1 yang dilegalisir.
         2.  Fotocopy transkrip nilai D3/S1 yang dilegalisir.
         3.  Melampirkan :
              -  Untuk jenis pekerjaan D3/S1 melampirkan akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari
                  universitas yang dilegalisir.
              -  Untuk jenis pekerjaan kondektur melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau
                 dari universitas yang dilegalisir serta TOEFL minimal 350 dan/atau IELTS nilai minimal 2.5 dan/atau TOEIC nilai minimal 350 serta ijazah SLTA semua jurusan;
              -  Untuk jenis pekerjaan masinis melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir serta ijazah SMA IPA atau SMK Mesin/Otomotif/Listrik.
        4.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
        5.   Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6.

        keterangan :
        -  persyaratan 1 s/d 5 diupload melalui web rekrut.kereta-api.co.id dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 mb / file.

    Jurusan yang dibutuhkan silakan lihat data berikut ini :

    Kualifikasi Pendidikan KAI
    Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan panitia Rekrutmen KAI! Laporkan bila ada yang mencurigakan.

    Jika tidak ada yang sesuai dengan jurusan anda jangan berkecil hati. Pantau terus rekrut.kereta-api.co.id dan sosial media PT KAI untuk info rekrutmen pegawai tetap PT KAI lainnya.


    172 Responses to "Rekrutmen Masinis PT KAI 2016"

    1. kalo tingkat d3 bisa jadi masinis??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dari rekrutmen kemarin-kemarin, rekrutmen masinis dibutuhkan lulusan SMA/Sederajat. D3 tidak ada.

        Delete
      2. Mas agus. Di dalam kereta itu kan ada kyak waiters.nya ya... itu pnya pt.kai sndiri apa ngontrak pnya pt lain?? Mkasih :-)

        Delete
    2. kalo lulusan teknik komputer jaringan apa bisa ikut rekrutmen masinis? dan saya punya sertifikat balai latihan kerja

      ReplyDelete
      Replies
      1. Nanti kalau ada pengumuman rekrutment lagi lihat sendiri mas Widi, itu pengumuman yang telah lewat.

        Delete
      2. wah terima kasih mas agus sudh jawab pertanyaan saya

        Delete
    3. Mas mau nanya pendaftaran tahun di tahun 2016 kira kira bulan apa ya mas ?
      Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mas Agus Itu Seleksi Wawancara Apa Aja Yang Di Wawancarain ?

        Delete
      2. Wah saya kurang tau mas. Mohon maaf.

        Delete
      3. mau tanya pak agus setya,apakah bulan ini ada lowongan kerja di pt KAI ?

        Delete
    4. Peluang wanita sama pria itu untuk rekrutmen masinis beda ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya kurang tau untk prosentasenya, mungkin saja 50-50 atau setara.

        Delete
      2. Mas kalo lulusan sma ips bisa gaj ?!

        Delete
      3. Mas kalo lulusan sma ips bisa gaj ?!

        Delete
      4. Nanti kalau ada pengumuman di lihat lagi aja mas. Belum bisa di tentukan.

        Delete
    5. Gmna cara dftr ya ms belom paham dftar nya

      ReplyDelete
    6. Wktu nya tinggal besok lagi
      Mohon pencerahannya mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu di Point Prosedur Pendaftaran Masinis, Dengan Upload scan berkasnya dulu ke rekut.kereta-api.co.id.
        Nanti diseleksi dulu apa lulus tidaknya. Kalau lulus lanjut tes kesehatan dan seterusnya.

        Delete
    7. mas saya mau tanya; pengumuman tanggal 27 nov kok belum ada ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba di Cek di rekrut.kereta-api.co.id, sudah keluar tuh pengumumannya.

        Delete
    8. Mas mau tanya ,klau nanti di tahun yg akan datang,ada keinginan menjadi masinis,dan kebetulan saya dr smk jurusan listrik ,klau ingin bekerja menjadi masinis atau d sekitar PT KAI ,itu harus melanjutkan sklh khusus kereta atau langsung ikut lamaran ?

      ReplyDelete
    9. Mas mau tanya ,klau nanti di tahun yg akan datang,ada keinginan menjadi masinis,dan kebetulan saya dr smk jurusan listrik ,klau ingin bekerja menjadi masinis atau d sekitar PT KAI ,itu harus melanjutkan sklh khusus kereta atau langsung ikut lamaran ?

      ReplyDelete
    10. Mas mau tanya ,klau nanti di tahun yg akan datang,ada keinginan menjadi masinis,dan kebetulan saya dr smk jurusan listrik ,klau ingin bekerja menjadi masinis atau d sekitar PT KAI ,itu harus melanjutkan sklh khusus kereta atau langsung ikut lamaran ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ikut rekrutmen masinis dengan mengirim lamaran jika ada lowongan masinis. Nanti kalau dinyatakan lulus tahapan seleksi akan diberi materi "sekolah" khusus masinis.

        Delete
    11. Apakah persyaratan jadi masinis kalau SMA harus jurusan IPA. Apakah yg SMA IPS tidak punya harapan untuk mewujudkan cita-citanya menjadi masinis?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pada rekrutment terdaulu pernah juga jurusan IPS direkrut, untuk 3 rekrutmen terakhir tidak ada jurusan IPSnya.

        Delete
    12. mas info untuk masinis ditahun 2016 kira-kira ada lagi bulan apa yah mas?

      #terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum ada kabar Mas Andi, simak aja terus update beritanya.

        Delete
    13. mas untuk pendaftaran masinis tahun 2016 belum ada kabar ya ? saya sekarang kelas 3 SMA ipa mau ikut seleksi utk tahun 2016 soalnya

      ReplyDelete
    14. Mas admin,klo jurusan ips SMA bisanya lowongan di pjka apa yaa?dan maksud dari rekrut masinis semua jurusan diploma3 gmana mas,klo saya kuliah d3 ambil jurusan akutansi apakah saya bisa jadi masinis,makasih mas admin

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini rekrutmen lama mas, kalau ada rekrutmen baru nanti silakan dilihat. Iya ditu D3 semua jurusan, jurusan akutansi bisa.

        Delete
    15. maaf nih mas mau tanya,saya rencana mau ambil sekolah di STTD jurusan perkeretaapian,tujua saya mau jadi masinis,saya dari SMK jurusan IT,kira2 lebih baik saya ikut rekrutmen lagsung atau sekolah STTD dulu ya?saya pgn jadi masinis soalnya,mohon jawabanya mas

      ReplyDelete
    16. maaf nih mas mau tanya,saya rencana mau ambil sekolah di STTD jurusan perkeretaapian,tujua saya mau jadi masinis,saya dari SMK jurusan IT,kira2 lebih baik saya ikut rekrutmen lagsung atau sekolah STTD dulu ya?saya pgn jadi masinis soalnya,mohon jawabanya mas

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tidak ada salahnya dicoba dua-duanya. Waktu ada rekrutmen ikut aja siapa tahu keterima. Juga daftar STTD kalau keterima berarti jangka panjang (jadi masinisnya). STTD emang selalu jadi masinis ?

        Delete
      2. saya mau jadi masinis mas soalnya,tapi masih ragu gak dterima,saya niat banget kalo jadi masinis heheheh

        Delete
      3. Jangan ragu untuk melangkah mas, yakin pasti diterima, tentunya dengan persiapan yang matang baik fisik maupun mental.

        Delete
    17. mas maaf mw nanya berarti syarat bisa jadi masinis itu dengan lulusan SMK juga bisa dong ya?

      trimakasih#

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tergantung pengumuman terbarunya Mas. Coba nanti kalau ada rekrutmen lagi dilihat kembali.

        Delete
    18. Mas berarti Dengan kelulusan SMK apa bisa menjadi Masinis juga?

      Trimakasih

      ReplyDelete
    19. Mas berarti Dengan kelulusan SMK apa bisa menjadi Masinis juga?

      Trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Apabila dibutuhkan SMK dengan jurusan tertentu pasti bisa daftar. Pengumumannya tergantung PT KAI update terbarunya.

        Delete
    20. kalo lulusnya tahun ini apakah masih bisa ikut rekrut masinis..2016 bang

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pengumuman perekrutan belum keluar, jadi belum bisa dilihat bisa tidaknya. Mohon ditunggu kabar berikutnya.

        Delete
    21. permisi mau tanya, itu persyaratan calon masinis D3 dan memiliki ijasah sma? jadi calon masinis harus lulusan D3 atau lulusan sma saja boleh daftar jadi calon masinis????terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu persyaratan perekrutan sebelumnya. Belum ada perekrutan baru untuk tahun ini. Tunggu jika sudah ada perekrutan lagi, nanti syarat kualifikasi pendidikan baru bisa ditentukan.

        Delete
    22. Di tunggu info terbarunyaa maasss?!!

      ReplyDelete
    23. Mas sya lulusan MAN thn2015 jurusan ipa ..
      bisa gak ikut dftar..
      dan kpn dibka pendftrn nya untuk 2016

      trmksh mas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum dibuka, tunggu info selanjutnya ya.

        Delete
      2. APA SUDAH ADA INFO BUAT REKRUTMEN MASINIS MAS ?

        Delete
    24. Klo jurusan ipa . Itu bisa jdi masinis nggak sih ..?.. trus memang wajib sekolah di sttd klo mau jadi masinis

      ReplyDelete
    25. Masih belum Ada dan belum dibuka lowongan masinis.

      ReplyDelete
    26. Permisi mau tanya, saat tahap tes kesehatan apakan kesehatan gigi berpeengaruh? (Gigi tidak rata atau berlubang) terimakasih

      ReplyDelete
    27. Mas kalau tahun 2016 ini, rekrutmen masinisnya itu pendidikannya SMA sederajat atau D3 ?

      ReplyDelete
    28. Mas mau nanya nih kalau Lulusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bisa jadi masinis atau di bagian mana gitu , mohon info nya mas makasih ..

      ReplyDelete
    29. Maaf kalo saya lulusan smk tkj, skrang lagi kuliah di jurusan olahraga bisa ga ?

      ReplyDelete
    30. Mas Kalo informasi calon masinis Tahun 2016 udah di buka apa belum, di sumtra utara dimana tempat pendaftaran nya mas??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum ada rekrutmen masinis mas.
        Kalau rekrutmen pegawai PT KAI ada di job fair ITS dan Unair untuk S1 dan D3.

        Delete
    31. Mas bisa minta contac person nya gak ? Saya butuh informasi dan mau tanya tanya sama masnya,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lewat Email ajah mas, aguskasiyan@gmail.com

        Delete
    32. Mas sya ini ingin jdi masinis tapi sya mnderita rabun jauh apakah sya bisa jdi claon rekrut masinis?

      ReplyDelete
    33. Mas sya ini ingin jdi masinis tpii sya mnderita rabun jauh/berkacamata sya bisa gak nyalon jdi rekrut masinis?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dicoba aja mas, pas ada pendaftaran masinis ikut daftar aja siapa tahu keterima.

        Delete
    34. Mas maaf mau tanya, kalau mau mendaftarnya itu yang di daerah bekasi bukan ?
      Soalnya saya domisili bekasi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Biasanya pendaftarannya di Daop masing-masing mas.

        Delete
    35. Siang mas, izin bertanya.
      Jk ijazah SMK otomotive dan S1 keguruan , boleh dftr masinis di Daop masing2 gk mas ? Mtrswn

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini ada rekrutmen di Job Fair ITB untuk pegawai PT KAI non masinis. Coba buka kai 121 by twiiter atau FB

        Delete
      2. Kalau ada perekrutan masinis biasanya tergantung daop mana yang meminta.

        Delete
    36. Mas klo tahun lalu kan calon masinis harus lulusan d3. Untuk tahun ini apakah hrus lulusan d3 juga mas ? Soalnya saya lulus 2016 dan smk jurusan TKR. Mohon di bales ya mas :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum tentu juga sih mas, soalnya belum ada pengumuman perekrutan masinis lagi.

        Delete
      2. mas saya kirim email mau tanya2 kl ada waktu mohon di bls yaa

        Delete
    37. Di tunggu perekrutan masinisnya.

      Terimakasih

      ReplyDelete
    38. Mas udh ada info untuk perekrutan calon masinis nya belum?

      ReplyDelete
    39. Mas, saya jurusan IPS. Apakah berpeluang bisa belajat jadi masinis?

      ReplyDelete
    40. Masss saya jurusan komputer bisa masuk masinis mas....dan untuk admin pengisian onlinenya itu gmana

      ReplyDelete
    41. Masss saya jurusan komputer bisa masuk masinis mas....dan untuk admin pengisian onlinenya itu gmana

      ReplyDelete
    42. Masss saya jurusan komputer bisa masuk masinis mas....dan untuk admin pengisian onlinenya itu gmana

      ReplyDelete
    43. Masss saya jurusan komputer bisa masuk masinis mas....dan untuk admin pengisian onlinenya itu gmana

      ReplyDelete
    44. All : Untuk perekrutan masinis 2016 belum ada kabarnya. Tunggu kalau ada pengumuman baru bisa dilihat kualifikasi pendidikannya.

      ReplyDelete
    45. mas, kalo seumpama jurusan gmbr bngunan jdi masinis bisa,

      ReplyDelete
    46. Replies
      1. Kurang tahu juga Mbak, soalnya belum ada pengumuman dan belum bisa dilihat kualifikasi pendidikannya.

        Delete
    47. Mas info masinis untuk tahun 2016 skrg kira-kira dibuka bulan apa? Info ya mass, trmksh.

      ReplyDelete
    48. Assalamualaikum mas, saya mau bertanya mas seputar perekrutan masinis kereta api, mas kalo misalkan daftar masinis dengan transkip nilai semester 4 bisa ga ya mas ? serta latar belakang pendidikan SLTA saya teknik otomotif. Dan tata cara pendaftarannya gimana tuh mas yang via website dengan upload berkas" disitu hanya ada login dengan username ga ada buat upload berkas" untuk melamar :) makasih mas sebelumnya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wa'alaikumsalaam.
        Belum ada informasi perekrutan mas, silakan kunjungi terus website resmi KAI : rekrut.kereta-api.co.id.

        Delete
      2. mas mau tanya, cara mendapatkan usernamenya gimana ya mas ? saya mau daftar tapi gatau caranya, berdasarkan keterangan kan harus upload berkasnya. makasih mas sebelumnya

        Delete
      3. Besok baru dibuka mas, tanggal 14 baru muncul register untuk mendapatkan username.

        Delete
    49. Maaf mas kalo sya dftr pake ijazah sma dg posisi oprasional apakah nnti kalo saya sdh punya ijazah s1 bisa naik jadi masinis ?? Mohon pencerahan nya mas ��

      ReplyDelete
    50. Maaf mas kalo sya dftr pake ijazah sma dg posisi oprasional apakah nnti kalo saya sdh punya ijazah s1 bisa naik jadi masinis ?? Mohon pencerahan nya mas ��

      ReplyDelete
    51. Mas mau nnyak ,untuk mendaftar masinis SKCK yang di pakai yang dari polsek atau polres?

      ReplyDelete
    52. Mas saya mau tanyak nih, Saya mau ngelamar di bagian administrasi, Tpi saya lulusan dari SMK Informatika dengan jurusan tekhnik kmputer jaringan. Apa bisa saya mengajukan lamaran sebagai admin?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dicoba saja Mbak, silakan siapkan berkas yang ingin diupload. Nanti kan tau keterima apa tidaknya.

        Delete
    53. Mas kalau sma jurusan bahasa bisa ga ms?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Di dalam persyaratan tidak ada jurusan bahasa, namun perlu dicoba aja. Daftar gratis.

        Delete
    54. lowongan utk masinis tahun 2016 ijazah smk listrik , belum ada kabrnya ya mas ???

      ReplyDelete
    55. lowongan utk masinis tahun 2016 ijazah smk listrik , belum ada kabrnya ya mas ???

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk masinis belum ada info dari situs PT KAI.

        Delete
    56. kak , mau nanyak . klo udah daftar tapi belom aku upload udah aku log out. tapi ketika masuk lagi gak bisa dibuka. solusinza gimana kak ???

      ReplyDelete
    57. Kak , mau nanyak . saya udah daftar kai tapi lupa belom aku upload sudah aku log out. tapi ketika masuk lagi gak bisa. solusinya gimana kak????

      ReplyDelete
      Replies
      1. Clear cache browser. Tapi password dan username ingat kan?

        Delete
    58. #ask
      mas mohon bantuannya, saya mau daftar di rekrutmen ptkai bulan ini yg dari tnggl 14-16 tpi pas saya registrasi mencantumkan nmer ijazah sedangkan ijazah saya blum keluar krena lulusan tahun ini... dan di persyaratan bleh menggunakan SKL gmna ya mas cara daftarnya untuk sperti itu.. maklum masih baru

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah saya sendiri kurang paham masalah tersebut.

        Delete
    59. Replies
      1. Ini yang sulit, saya tidak tahu mas Ade, saya tidak bisa kasih solusinya.

        Delete
    60. 2tahun lalu saya udah ngelamar tapi gak ada thu...di penggumuman. Sekarang belum berani mencoba lagi

      ReplyDelete
    61. 2tahun lalu saya udah ngelamar tapi gak ada thu...di penggumuman. Sekarang belum berani mencoba lagi

      ReplyDelete
    62. untuk cara apload foto bagaimana ya mas? itu kan suruhnya 4 lembar, otomatis di apload 4 kali atau 1 kali apload tapi sudah mencakup 4 foto?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jadikan 1 aja Mas , satu kali upload 4 foto.

        Delete
      2. tapi kalau sudah terlanjur satu-satu bagaimana yaa? soalnya hari ini pendaftaran sudah di tutup, jadi tidak bisa du ubah lagi.
        apakah di permasalahkan?

        Delete
    63. min kalo SMK jurusan TKJ tapi punya ijazah S1 Teknik Elektro bisa ngga ya min ? terimaksih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini khusus rekrutment ijasah SMA sederajat mas, kalau mau bisa ikut yang jurusan SMK TKJ.

        Delete
    64. Mas agus klo s1 manajemen bisa jadi masinis gak jurusan sdm?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya kurang tau mas, belum ada info lowongan masinis soalnya.

        Delete
    65. mau nanya ma. klo udah daftar tapi lupa ulpoad dokumen nya gimana mas?. apa masih ada peluangnya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Syaratnya kan harus upload dokumen mas. Lihat pengumuman kelulusan tahap berikutnya aja. Masuk apa tidak.

        Delete
      2. Mas, sekarang pendaftaran untk tahun ini udah ditutup? Mohon maaf sya bru bka.

        Delete
      3. apk nanti ada gelombang 2. ato hrd tahun dpn?

        Delete
      4. Belum tahu mas, belum ada info lagi.

        Delete
    66. jurusan TKJ tidak bisa masuk pt kai ya,saya sudah 2x ngelamar ga lulus terus di tahap administrasi,di sana jelas di cantumkan syarat pendidikan.tidak ada tkj.

      ReplyDelete
    67. tapi sebelum sebelumnya ada tidak min kualifikasi pendidikannya dari jurusan TKJ ? untuk persyaratan kerja di pt.kai

      ReplyDelete
    68. Mas agus masih ad penerimaan untuk jadi masinis tahun ini gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum ada info resmi dari PT KAI mas, untuk lebih update, silakan langsung ke website resmi PT KAI di : rekrut.kereta-api.co.id

        Delete
    69. Mas minta tolong gimana caranya update ijazah kalau sudah punya user yg pernah dipakai diregistrasi rkrutmen sbelumnya . karna sekrang mau daftar lagi untuk tapi tidak ada menu untuk update ijazahnya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya kurang tahu untuk update ijazah mas.

        Delete
      2. Soalnya mas karena sudah pernah ikut seleksi bulan mei lalu, dan ingin ikut seleksi di bulan ini lgi tidak bisa upload ijazah yang diminta, karena nik sudah terdata di database tpo tidak tau cara edit datanya ;((

        Delete
    70. mas cara merubah data pelamar kereta api gmna ya?
      dulu udah sempet daftar
      dan akun pelamar kan 1 orang 1 ktp 1 akun kan mas
      cara ngubah data pelamarnya gmna ya

      ReplyDelete
    71. mas boleh minta tolong kasih pencerahan ke ane mas, soalnya saya mau daftar lagi dibulan ini yang ada lowongan buat sma, ketika saya regis nomor identitas sudah ada mas, ternyata masih nyangkut dibulan lalu mas, gimana caranya mas, soalnya saya mau ikut lagi mas terimah kasih mas sebelumnyaa mohon pencerahannya

      ReplyDelete
    72. saya dulu sudah pernah regisrasi namun tidak lolos seleksi dan sekarang mau ikut seleksi lagi, tapi tidak bisa registrasi,keterangannya: no ktp sudah ada,no ijasah sudah ada,dll. apakah hanya bisa registrasi sekali saja?

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya niih sama bro...gimana ya kok blm ada pencerahan sama sekali..

        Delete
    73. saya dulu sudah pernah regisrasi namun tidak lolos seleksi dan sekarang mau ikut seleksi lagi, tapi tidak bisa registrasi,keterangannya: no ktp sudah ada,no ijasah sudah ada,dll. apakah hanya bisa registrasi sekali saja?

      ReplyDelete
    74. lulusan teknik pemesinan apakah bisa jadi masinis?

      ReplyDelete
    75. mas mba..kok saya gk bisa registrasi yah..katanya nimer identitas sudah ada...
      minta penjelasannya dong...terimakasih

      ReplyDelete
    76. ouw y, numpang tnya. Kmaren smpet daftar ke halaman rekrutmennya. Tapi lupa blm upload berkasnya. Skarang mau daftar lagi tapi msih kejebak di halaman pndaftaran yg kmaren. Cra atasinnya gmana ya?

      ReplyDelete
    77. Mas permisi. Saya niat mau kuliah taun ini. Tp ada info klo PT.KAI lagi buka lowongan. Saya mau tanya. Apa bisa saya berkarir di PT.KAI sambil kuliah?? Menurut mas apa ada waktu yang bisa dibagi utk kuliah? Thx sblmnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Jika tidak mengganggu jam kerja di PT KAI bisa aja kok mas.

        Delete
    78. permisi mas,mau tanya mas
      saya baru lulus SMA dan saya udah daftar registrasi tapi ijazahnya belum keluar dan traskip nilainya blm ada
      kira-kira itu masih bisa ikut daftar nggak mas??

      ReplyDelete
    79. Kalau mau masuk sekolah calon masinis pendaftaran nya lewat mana yah?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mohon maaf, saya kurang tahu mas. Salah satunya sih lewat rekrutmen calon masinis dulu mas.

        Delete
    80. Rekrutan yg bulan agustus kmren ijasah yg dri smk teknik kok gk ada yg lulus berkas ya mas.ijasah sma semua yg lulus berkas.pncerahan nya mas

      ReplyDelete
    81. Mau tanya min, kalau pake kacamata bole tidak ya? soalnya dijelasinnya hanya tidak buta warna aja.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kacamata sepertinya tidak lolos mas, bisa daftar, tapi pas tes kesehatan tidak lolos tes berikutnya.

        Delete
    82. Min mau tanya kalo misal batas umur 25 thn, trus umur saya 26 apa tetap bakal gagal min?

      ReplyDelete
    83. Mas kalo upload ijazah itu bagian depan apa bagian blkgnya y?

      ReplyDelete
    84. Mas kalo upload ijazah itu bagian depan apa bagian blkgnya y?

      ReplyDelete
    85. Selamat Pagi Mas Agus,
      Mau menanyakan, jika sudah llus s1 tetapi ingin sekolah lagi di Pt kai apa bisa ya? Kebetulan sy td cari informasi skolahnya itu d3 dan berada di madiun? Saya ingin menjadi anggota dari PT Kai, krna setiap membaca lowongan selalu sudah tutup,hhe
      Apakah perlu lewat jalur sekolah kereta api
      Mohon untuk infonya mas ☺
      Dan kalau berkenan saya boleh meminta alamat email Mas Agus?

      Terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya kurang tahu untuk hal tersebut mbak. Yang enak sih langsung aja daftar jika ada lowongan PT KAI, dan ikuti tahapan test2nya, semgoa aja keterima menjadi pegawa PT KAI.
        Kalau ingin update lowongan PT KAI ikut aja FB dari PT KAI : KAI121.

        Delete
      2. Siap kalo gtu Mas,
        Terima kasih untuk jawaban terbaiknya :)

        Delete
    86. untuk anak jurusan ips mau masuk itu harus ke akademinya dulu ya? Atau emang gabisa sama sekali?

      ReplyDelete
    87. mas mw nanya nih ...
      tes kesehatan awal calon masinis tuh apa aja yaa detail pemeriksaannya ??
      yg saya tau ,,BB/TB ,mata ,gigi ..trus dnger2 ada pemeriksaan dokter (buka pakaian full) mohon penjelasannya hari ini juga ya mas ,,soalnya besok saya tes ..sekalian minta doanya ....

      ReplyDelete
    88. mas mw nanya nih ...
      tes kesehatan awal calon masinis tuh apa aja yaa detail pemeriksaannya ??
      yg saya tau ,,BB/TB ,mata ,gigi ..trus dnger2 ada pemeriksaan dokter (buka pakaian full) mohon penjelasannya hari ini juga ya mas ,,soalnya besok saya tes ..sekalian minta doanya ....

      ReplyDelete
    89. Mau tanya lagi, kalau masalah umur emang harus minimalnya 18 tahun, kalau kurang misalnya 17 tahun bisa masuk?

      ReplyDelete
    90. Mau tanya lagi, kalau masalah umur emang harus minimalnya 18 tahun, kalau kurang misalnya 17 tahun bisa masuk?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tidak bisa mas, tunggu usianya 18 tahun dulu aja.

        Delete
    91. Mas agus. Di dalam kereta itu kan ada kyak waiters.nya ya... itu pnya pt.kai sndiri apa ngontrak pnya pt lain?? Mkasih

      ReplyDelete
    92. mas agus kalo lulusan smk mending jadi masinis atau kerja di kantornya aja?enak mana, butuh pencerahan
      Terima Kasih

      ReplyDelete
    93. Ijin bertanya mas, untuk lulusan SMA bahasa bisa masuk gak???

      ReplyDelete
    94. mas Mau nanya kalo nem 6.1 untuk smk apa udah gk bisa apa ada cara lain agar bisa masuk pt kai ya soalnya saya ingin sekali bisa bergabung di pt kai mas ?

      ReplyDelete
    95. mas Mau nanya kalo nem 6.1 untuk smk apa udah gk bisa apa ada cara lain agar bisa masuk pt kai ya soalnya saya ingin sekali bisa bergabung di pt kai mas ?

      ReplyDelete