Fungsi Wesel Kereta Api

Fungsi Wesel Kereta Api

Apa Fungsi Wesel Kereta Api? Perlu di ketahui, istilah wesel itu sendiri secara umum digunakan oleh PT Pos Indonesia untuk trafik uang. Wesel dalam perkeretaapian berupa alat untuk memindah jalur kereta api. Di Indonesia khususnya jalur selatan Surabaya Gubeng-Stasiun Tugu Yogyakarta masih menggunakan jalur single, berbeda dengan jalur utara yang rencanya mengaplikasikan dobel track.

Untuk rel single tersebut perlu dibuatkan jalan lain supaya kereta api baik yang berlawanan atau searah bisa lewat. Bisa bersilang bisa mendahului. Pembuatan jalur, biasanya banyak di jumpai di stasiun baik kecil maupun besar dengan lebih dari 2 jalur. Hal ini dimaksudkan untuk Menampung sementara kereta api yang akan di susul ataupun bersilang.

wesel kereta api

Untuk kasus tertentu, bisa juga untuk kegiatan langsir atau tempat pemberhentian kereta yang mengalami (PLB) atau mogok menunggu lok-pen.

Yang mengatur perpindahan jalur dan wesel kereta api adalah PPKA stasiun bersangkutan. Jadi mau di letakkan di jalur mana bisa menggunakan fungsi wesel kereta api ini.

wesel kereta api

Berikut Ini Fungsi Wesel Kereta Api :
  • memindah jalur kereta api
  • menghindari tabrakan, karena kereta ada yang bersilang dan di susul.
  • dalam keadaan darurat bisa sebagai tempat penampungan kereta mogok. 
Demikian gambaran singkat tentang fungsi wesel kereta api, semoga bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Wesel Kereta Api"

Post a Comment