Lokomotif D dan BB Akan Ditarik PT KAI

Seputar kereta api. PT KAI akan menarik dan mengistirahatkan lokomotif D dan BB mulai tahun depan. Dengan pertimbangan usia lokomotif D dan BB serta suku cadang yang sulit memaksa PT KAI memparpurnakan tugas lokomotif tersebut.

Masalah suku cadang yang diskontinyu atau tidak porduksi lagi memang susah untuk diakali. Sementara PT KAI mendatangkan lokomotif baru CC 206 kurang lebih sebanyak 140 buah. Baru beberapa yang sudah sampai ditanah air. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan dan ketimpangan jumlah lokomotif. Selama ini lokomotif D dan BB menjadi andalan untuk langsiran di beberapa dipo atau stasiun. Ada pilihan menggunakan lokomotif CC 201, akan tetapi kinerja dan suku cadan C01 masih mumpuni dan kemungkinan masih bisa eksis hingga 10 tahun yang akan datang.

lokomotif d301

Karena jenis mesin C01 dan C06 sama yaitu GE 7FDL-8, dengan demikian suku cadang masih aman.
Semoga dengan ditariknya lokomotif D dan BB bisa mengurangi kemungkinan kerugian yang dialami oleh PT KAI. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa lokomotif D dan BB sebaiknya lokomotif tersebut di musiumkan agar mengenalkan generasi muda kita bahwa ada lokomotif hebat di jamannya. (agus)


0 Response to "Lokomotif D dan BB Akan Ditarik PT KAI"

Post a Comment