Fungsi PJL Kereta Api

Apa sih fungsi dari Perlintasan Jalan Kereta Api (PJL) yang sering kita temui di jalan. Fungsi PJL Kereta Api adalah untuk melancarkan perjalanan kereta api. Karena kereta api sudah mempunyai jalur khusus berupa rel kereta api, maka perlu di buatkan palang pintu di setiap PJL yang ramai dilalui kendaraan.



Sesuai dengan undang-undang perkeretaapian, bahwa setiap pengguna jalan yang melintas di perlintasan jalan kereta api, wajib mendahulukan lewatnya kereta api. Untuk itu berhati-hatilah jika melintas di perlintasan jalan kereta api, karena kereta api tidak akan berhenti jika signal yang di berikan oleh penjaga pjl hijau artinya terus jalan.

Banyak korban jiwa karena menyerobot perlintasan jalan kereta api setelah palang pintu ditutup, artinya kereta api harus melintas terlebih dahulu. Seperti tragedi KRL dengan truck tangki yang terjadi di bintaro jakarta. Jangan jadikan nyawa ada melayang dengan sia-sia karena menerobos perlintasan jalan kereta api. Jika PJL tidak ada palang pintunya, lebih baik berhati-hati dengan menengok kiri dan kanan saat menyeberang rel kereta api.

Pada intinya, fungsi PJL kereta api adalah untuk mengamankan perjalanan kereta api dan untuk melindungi pengendara lain dari bahaya kecelakaan dengan kereta api. Patuhi rambu lalu lintas, karena kecurangan dalam berlalu lintas adalah sumber dari kecelakaan. Semoga bermanfaat.

7 Responses to "Fungsi PJL Kereta Api"

  1. Nah masalahnya sekarang banyak. PJL yang tidak berpalang mas, ini sungguh riskan dan sudah sering makan banyak korban..

    ReplyDelete
  2. yupp.. bener tuh, selalu patuhi rambu lalu lintas agar selamat sampai di tujuan..
    tp kasus kmren, PJL sdh tersedia, namun kenapa tidak difungsikan dengan baik ?

    ReplyDelete
  3. Orang yang tidak patuh aturan banyak resiko nya .parah2 nya nginap d rs/meninggal dunia,jangan sampai dh...

    ReplyDelete
  4. sebaiknya semua pihat selalu menyadari akan dampak dari sebuah tindakan buruk yang merka lakukan,seperti menerobos palang pintu yang sudah mulai menutup,dan juga si penjaga pintu harus consisten atas tanggungjawabnya,jangan biarkan penguna jalan untuk memaksa masuk,sementara kereta sudah terlihat memasuki lokasi tersebut,,,,

    ReplyDelete
  5. Selain kurang berhati - hati mungkin sudah nasib kali ya Mas orang yang tertabrak kereta. Saya sendiri sangat khawatir kalau harus menyebrang perlintasan kereta tanpa palang, apalagi sekarang di daerah saya memiliki jalur ganda, tentunya harus lebih ekstra hati - hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengok kiri kanan dulu mas Hendrik kalau mau melintas yah hehe

      Delete
  6. ya kalau bisa setiap jalan raya yang bertemu PJL harus di buat fly over. kalau hanya palang pintu. masih banyak yang menerobos

    ReplyDelete