Kecelakaan Kereta Kelinci dengan KA Kaligung Mas

Kecelakaan Kereta Kelinci dengan KA Kaligung Mas
Gambar :FP FB Komunitas Penggemar Kereta Api Indonesia,
Foto by Amarul Ikhsan
Kejadian kecelakaan kereta kelinci dengan KA Kaligung mas jurusan Semarang Tawang Tegal terjadi pada hari Rabu tanggal 19 Maret 2014 pukul 14.36 atau jam setengah tiga siang. Tempat kejadian perkara di petak jalan Krengseng - Weleri yang mengakibatkan 1 meninggal dan 11 lainnya luka berat. Peristiwa kecelakaan kereta api vs "kereta kelinci" membuat sinyal muka Weleri Krengseng roboh.

KA Kaligung mas dengan ditarik lokomotif CC 20330 membawa rangkaian 3 Kereta Ekonomi (K3), Kereta makan dan pembangkit (KMP2) dan KP3. Kereta kelinci merupakan kereta wisata, sebenarnya peruntukannya hanya pada jalan-jalan tertentu seperti pada obyek wisata yang memerlukan kereta untuk mengitarinya seperti pada kebun raya atau pada taman safari. Kereta kelinci terbuat dari sepeda motor yang di modif gandeng dengan menyerupai gerbong-gerbong sebagai tempat penumpang. Biasanya hanya di isi 2 orang per gerbongnya serta penumpangnya anak-anak beserta orang tuanya.

Entah karena ceroboh atau memaksa menyeberang, kereta kelinci sampai menemper KA Kaligung mas. Yang jelas tetap salah pengemudi kereta kelinci karena dari asalnya kereta kelinci bisa berkeliaran di jalan raya itu sudah salah. Apalagi sampai menghalangi dan menghambat atau menerabas perlintasan kereta api yang sedang melintas.

Kejadian ini menjadikan pelajaran buat pengendara kendaraan bermotor semua, jika menyeberang perlintasan jalan kereta api, harap berhati-hati. Apalagi tidak ada palang pintunya, sebaiknya jangan ceroboh untuk segera melintas, tengok kanan kiri sebentar baru melintas. Kejadian kecelakaan kereta api kelinci dengan KA kaligung mas menambah daftar rentetan kecelakaan akibat kecerobohan pengendara kendaraan bermotor.


0 Response to "Kecelakaan Kereta Kelinci dengan KA Kaligung Mas"

Post a Comment