Pembangunan Rel Ganda Memasuki Tahap Finishing

Pembangunan rel ganda di jalur pantura yang dikerjakana pada tahun 2012 dengan target selesai 2013 kini memasuki tahap finishing. Secara teori, rel ganda sudah selesai pembangunannya, tinggal finishing mengenai masalah teknis perbaikan sinyal dan masalah penggantian lahan yang dibebaskan di daerah Tandes Surabaya. Jadi bisa dikatakan pembangunan rel ganda berakhir pada bulan April 2014.

Pembangunan REL GANDA

Rel ganda pantura Surabaya Jakarta berjarak kurang lebih 727 km sebenarnya sudah diresmikan untuk petak track Cirebon Brebes sejauh 63 km, kemudian Pekalongan Semarang 90 km, Semarang Bojonegoro 180 km dan Bojonegoro Surabaya (tunggu finishing) 103 km.

Akan ada manfaat yang banyak jika rel ganda pantura ini segera dioperasikan salah satunya adalah waktu tempuh kereta api dapat di pangkas, yang sebelumnya terbiasa dengan 13-15 jam perjalanan kini bisa sampai 10-12 jam perjalanan untuk kereta api ekonomi. Dengan adanya track rel ganda ini, program persilangan kereta api dinihilkan kecuali jika ada gangguan signal.

Begitu juga akan muncul kereta api baru lagi dengan rute yang sama tetapi pilihan jam yang bervariasi, dengan demikian geliat perekonomian akan semakin bergerak cepat. Hal ini mengingat kondisi jalan raya yagn sudah overload dan terjadi kemacetan atau trafic jam akibat jalan rusak dan volume kendaraan semakin tinggi.


0 Response to "Pembangunan Rel Ganda Memasuki Tahap Finishing"

Post a Comment