Informasi Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2016

Halo railway mania...Ini ada info dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang angkutan gratis sepeda motor untuk mudik Lebaran 2016. Sepeda motor yang akan diangkut menggunakan kereta api sejumlah 6.300 unit. Program ini dalam rangka mengurangi kecelakaan khususnya yang melibatkan sepeda motor dan memberikan kemudahan bagi para pemudik.

Langsung saja, pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor mulai dibuka pada hari  Selasa 8 Maret 2016 di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat. Apa persyaratan angkutan gratis sepeda motor untuk mudik lebaran? Silakan menunjukkan KTP dan STNK asli serta melampirkan Fotocopy KTP dan STNK. Nah ada kesempatan juga untuk mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran. Karena Kemenhub sendiri  mengakomodasi juga untuk pembelian tiket Pergi Pulang dengan tujuan yg sama maksimal 4 (empat) orang dengan syarat melampirkan fotocopy Kartu Keluarga dan KTP. Lumayan juga, jika memang kemenhub mampu mengusahakan tiket untuk kereta api, karena mendapatkan tiket saat ini sangat sulit.

Jadwal kegiatan operasi:
Angkutan Mudik:
Motor Selasa 28 Juni 2016 sampai dengan Minggu 3 Juli 2016.
Penumpang 29 Juni s/d 4 Juli 2016..

Angkutan Balik
Motor Minggu 10 Juli 2016 s/d Sabtu 16 Juli 2016.
Penumpang 11 Juli 2016 s/d 17 Juli 2016.

Persyaratan Pendaftaran
1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku
2. Wajib membawa SIM,STNK dan KTP asli beserta masing-masing fotokopiannya sebanyak tiga (3) lembar
3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada kendaraan sepeda motor
4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa oleh masing-masing pemudik
5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dan dibawa oleh pemudik sendiri
6. Harus ada penyangga atau standar tangah (standar dua)
7. Harus dipegangi dengan pegangan belakang
8. Untuk keamanan pengangkutan,tangki bensin harus kosong pada saat diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan pada tangki bbm.
9. Kunci sepeda motor harus diserahkan kepada bagian ekspedisi
10. Mengisi formulir pendaftaran
11. Menyerahkan motor H-1 sebelum keberangkatan di Stasiun Jakarta Gudang
12. Bagi yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi dalam pembelian tiket selama masih tersedia harus tunduk pada persyaratan:
a. Satu unit motor untuk pembelian tiket maksimal 3 orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa dan 1 orang anak dengan usia maksimal 12 tahun)
b. Mengisi formulir isian pembelian tiket
c. Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang ditunjuk pada hari yang sama.
d. Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti/ tanda terima yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping atau penyerahan motor di Stasiun yang telah ditunjuk.
e. Bukti tanda terima pembatalan tiket tidak dapat dibatalkan, dipindahkan tanggal keberangktannya. untuk itu rencanakan perjalanan anda dengan baik dan benar.

angkutan mudik gratis sepeda motor

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran motor di situs mudikgratis.dephub.go.id: 8 Maret 2016- 6 Mei 2016 dengan fsits, 7 Mei 2016-6 Juni 2016 dengan non fsits.
Pendaftaran motor+tiket ekonomi : 8 Maret 2016 s/d 6 Mei 2016 (Selama Persediaan Masih Ada)
Lokasi Pendaftaran : Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen.

(Catatan: Pendaftaran akan ditutup apabila kuota terpenuhi)


Tujuan Angkutan Motor Gratis,dan Kapasitas Kereta Api:

Lintas Utara: Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi (Stamformasi Lok cc+ 7 bagasi) berhenti St. Cirebon Prujakan, St. Tegal, St. Pekalongan, St. Semarang Tawang, St. Ngrombo, St. Cepu, St. Bojonegoro, St. Surabaya Pasarturi akan menggunakan Kereta Api Kertajaya Rangkaian Panjang dengan kapasitas 406 motor.

Lintas Selatan 1: Jakarta Gudang-Kutoarjo (Stamformasi Lok cc+7 bagasi) berhenti St. Purwokerto, St. Kroya, St. Gombong, St. Kebumen, St. Kutoarjo akan menggunakan Kereta Api Kutojaya Utara Komerisial Tambahan Lebaran dengan kapasitas 406 motor.

Lintas Selatan 2: Jakarta Gudang-Stasiun Solo Jebres/Stasiun Kediri (stamformasi Lok cc+7 bagasi) berhenti St. Lempuyangan, St Solo Jebres, St Madiun, St Kertosono St. Kediri, Akan menggunakan Kereta Api Bengawan dan Brantas.

Kereta Api yang akan digunakan untuk mengakomodir peserta mudik motor gratis dengan kereta api sebagai berikut:

1. Kertajaya Rangkaian Panjang Komersial (4 Kereta)
2.Kutojaya Utara Komersial Tambahan Lebaran (3 kereta)
3. Kutojaya Utara Komersial (3 kereta )
4. Bengawan ( 3 kereta)
5. Brantas (3 kereta)

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call centre Kemenhub Telp: 151 / 021-151 | E-mail: info151@dephub.go.id | Facebook: Kemenhub151 | Twitter: @Kemenhub151 Instagram: kemenhub151.

7 Responses to "Informasi Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2016"

  1. kalau ngomongin kereta itu saya cuma bisa ndomblong loh mas.. gimana nggak ndomblong coba, lhawong di daerah saya nggak ada kereta hahahahaha :D

    ReplyDelete
  2. sepertinya taun ini saya gak mudik mas :-d

    ReplyDelete
  3. cilacap gak masuk rute nya ya mas?

    ReplyDelete
  4. Jadi kangen sama tahun kemarin waktu saya masih merantau di jakarta, tapi untuk tahun ini Alhamdulillah saya sudah memiliki usaha sendiri di kampung halaman,, =p~

    ReplyDelete
  5. cari yang bayar aja susah apalagi yang gratis mas

    ReplyDelete