Cowhanger Pada Lokomotif

Halo railway mania, masyarakat pengguna dan pecinta kereta api. Cowhanger atau cowcather alias bahasa Indonesianya pelindung binatang merupakan bagian depat lokomotif yang tampak seperti bemper. Penyangga hewan atau cowhanger terbuat dari besi baja setebal kurang lebih  2 (dua) cm menempel dengan lebar sama dengan rangka bawah  dan mempunyai 2 lekukan pada bagian bawah yang lebih sempit. Bisa dikatakan cowhanger ini bentuknya simetris. Untuk warnanya sendiri ada yang merah, hitam dan abu-abu. Dulu PT KAI pernah memakai warna merah kemudian abu-abu dan sekarang merah lagi.

Cowhanger Pada Lokomotif

Nah saya perjelas lagi ya, cowhanger itu ada di belakang coupler lokomotif atau penyambung antara lokomotif ke gerbong

FUNGSI PENYANGGA HEWAN

Lalu apa fungsinya cowhanger pada lokomotif? Lokomotif yang menarik rangkaian Kereta Api seperti rangkaian KRL atau rangkaian KRD yang berjalan diatas jalan rel harus bebas dari benda-benda apapun sekitar jalan rel. Bentuk penyangga hewan yang berlekuk dan sempit di bagian bawah adalah untuk menyesuaikan supaya tidak menyentuh bangunan peron rendah atau peron medium atau bangunan instalasi lain seperti alat persinyalan. Lain halnya dengan peron tinggi di stasiun-stasiun besar dan stasiun di wilayah JABODETABEK, maka penyangga hewan tidak akan menyentuh peron di bagian bawah.

cowhanger lokomotif

Fungsi penyangga hewan adalah untuk mendorong suatu benda cukup besar berada di jalan rel, terutama apabila ada hewan sehingga akan terlempar dan tidak masuk ke kolong lokomotif. Benda yang cukup besar bila terlindas roda dapat mengakibatkan lokomotif anjlok. Seperti yang pada kejadian dimana ada manusia atau sepeda motor yang tertabrak lokomotif, sepeda motor atau orang tersebut akan terhalau menjauh dari lokomotif. Dengan demikian, selang kompresor pengereman akan tetap aman dari pada tanpa adanya cowhanger.

gambar cowhanger lokomotif

Pada PLH di Jemursari antara KA Mutiara Timur dengan lokomotif CC20340 dimana truck fuso yang berhenti mendadak di hantam oleh lokomotif, cowhanger nya hancur duluan. Demikian tulisan singkat mengenai cowhanger dan fungsi dari cowhanger itu sendiri. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cowhanger Pada Lokomotif"

Post a Comment