Klakson Lokomotif Kereta Api Sebagai Signal

Pernahkah anda mendengar suara klakson yang panjang dan memekikkan telinga dari lokomotif kereta api? Biasanya suara klakson tersebut lebih dari satu kali bahkan sangat panjang suaranya tidak terputus, seperti ada sesuatu yang ingin diperingatkan oleh sang masinis/ train driver. Dalam kondisi seperti itu, biasanya ada pengendara, orang, atau apapun yang dalam jarak tertentu membahayakan bagi keselamatan dirinya. Ada jarak beberapa ratus meter yang harus steril/aman dari hal apapun untuk lewatnya kereta api. Jika perlintasan jalan ada palang pintunya, penjaga palang pintu bisa memastikan kondisi jalan clear, namun yang tidak ada palang pintunya akan sangan sulit untuk mendeteksi apakah sudah aman atau belum. Oleh karena itu perlunya suara klakson dari jarak jauh supaya pengendara mengetahui ada kereta api akan melintas.

Klakson Lokomotif Kereta Api Sebagai Signal

Sering kali kita melihat kecelakaan kereta api yang sebenarnya tidak perlu terjadi, perilaku pengendara yang ceroboh dan mengabaikan keselamatan dalam melintas di rel kereta api. Tidak menengok kanan dan kiri sebelum melintas, namun biasanya masinis/train driver sudah memeberi aba-aba dengan membunyikan klakson secara berkala kadang panjang dan kadang pendek namun cukup terdengar keras. Nah hal demikian kadang kita anggap sebagai peringatan yang sepele dan nekat menerobos perlinasan kereta api, padahal sudah diperingatkan melalui klakson kereta api tersebut. Terjadilah kecelakaan.

Pada lain hal, pemukiman yang dekat dengan lintasan perkeretaapian sering menganggap klakson kereta api sebagai biang kebisingan selain suara deru kereta api melintas. Namun hal ini sebenarnya sebagai penanda bahwa ada kereta api akan melintas, para penghuni di minta berhati-hati jika ada yang melintas.

Sekali lagi, klakson kereta api itu menandakan bahwa akan ada kereta api melintas, masinis/train driver ingin mensterilkan lintasan yang akan di laluinya dengan membunyikan klakson berkala. Jika bunyinya panjang itu tandanya masinis minta perhatian yang ekstra. Berhati-hatilah jika melintas di lintasan kereta api, mari kita patuhi rambu yang ada di sekitar lintasan kereta api, semoga bermanfaat.

0 Response to "Klakson Lokomotif Kereta Api Sebagai Signal"

Post a Comment