Kereta Api Angkutan Semen Nambo Banyuwangi

KA Semen Tiga Roda relasi (Nambo) NMO – (Banyuwangi) BW di resmikan secara simbolis pada 2 Juli 2014 dengan prosesi pecah kendi oleh Bapak Ignasius Jonan, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI). Kereta Api semen nambo menjadi rute kereta api terpanjang di Indonesia dengan menghubungkan Nambo (Brambanan, Bogor) Banyuwangi Jawa Timur, Jadi ujung barat ke ujung timur. Perjalanan KA Nambo nantinya akan melintas jalur utara jawa dengan double track nya. Perjalanan KA Nambo ini menggantikan KA Semen Bosowa yang sebelumnya mengangkut semen dari Kalimas ke Banyuwangi. Nanti dari stasiun Nambo kita ke Tanah Abang, Cirebon, Semarang, Pasar Turi Kalimas, Gubeng dan terus menuju Banyuwangi. Jadi bisa dikatakan ini jalur Nambo - Banyuwangi via pantura.



semen nambo banyuwangi

Perlu di ketahui tahun 2014 merupakan tahun emas bagi perkembangan bisnis PT Kereta Api Logistik (KALOG), dimana selama semester pertama KALOG berhasil mencermati dan meraih berbagai peluang untuk menguatkan posisinya di industri logistik, diantaranya melalui peluncuran KA Aqua dan KA Container Coca-Cola serta akan muncul KA angkut pasir dari Wates.

Dengan adanya KA Semen Nambo Banyuwangi ditempuh dalam waktu maksimal 23 jam. Sedangkan dengan angkutan truk waktu tempuh bisa mencapai 3 hari jadi bisa menghemat biaya banyak. Di jalan raya sekarang sudah penuh sesak/ trafik jam, solar yang di keluarkan terlalu banyak , belum biaya lainya. Kereta api menjadi andalan angkutan barang dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya. Adapun panjang lintasan yang ditempuh oleh rangkaian kereta api logistik ini adalah 1.060 Km. Semoga dengan beralihnya para pengusaha menggunakan angkutan kereta api (Kalog) menjadi langkah cermat dalam menghemat biaya dan BBM, sehingga harga menjadi stabil.

0 Response to "Kereta Api Angkutan Semen Nambo Banyuwangi"

Post a Comment