Wacana Penghapusan Kereta Api Kelas Bisnis

Halo railway mania, masyarakat pecinta dan pengguna kereta api. Ada sekelebat kabar atau sekedar wacana tentang penghapusan kereta api kelas bisnis pada perkeretaapian di Indonesia. Kereta api bisnis ada karena menjadi pilihan bagi masyarakat calon pengguna kereta api dengan tarif menengah dan fasilitas juga menengah. Dulu sebelum adanya fasilitas pendingin udara (AC) pada tiap kereta, kereta api kelas ekonomi menggunakan kipas angin atau blower yang banyak tidak berfungsinya. Di dalam kereta menjadi pengap dan panas, sedangkan harganya murah. Pilihan lainnya adalah kereta bisnis dengan fasilitas kipas angin berfungsi sempurna, karena diupayakan pemeliharaannya dengan tarif diatas kelas ekonomi dan di bawah kelas eksekutif.

Wacana Penghapusan Kereta Api Kelas Bisnis

Mulai bulan Maret 2014 seluruh kereta sudah dilengkapi dengan pendingin udara (AC) untuk kelas ekonomi dan bisnis menggunakan AC Split. Jadi, sekarang kereta api itu sudah nyaman di banding tahun-tahun sebelumnya. Kereta api ekonomi jarak jauh seperti KA Gaya Baru (Surabaya Jakarta) rasanya seperti naik KA Eksekutif, karena AC nya dingin. Akan tetapi, masalah AC ini kadang ada yang tidak berfungsi sempurna pada kereta api ekonomi.

Sedangkan kereta bisnis juga sudah dilengkapi dengan AC Split yang tentu lebih bagus kualitasnya dari pada KA Ekonomi. Jika kita perhatikan, bentuk kaca KA Ekonomi dan bisnis yang semula bisa di buka jendelanya, kini sudah di desain ulang dengan kaca terusan seperti pada KA Eksekutif. Jadi jika AC mati, kita tidak bisa membuka Jendela untuk mencari angin segar. Beberapa kereta bisnis sudah menggunakan Kaca terusan, dan beberapa kereta bisnis juga sudah di desain ulang untuk kereta Eksekutif. Rencana dan wacana kedepan, tidak ada kereta api bisnis, yang ada hanya kereta ekonomi dan kereta eksekutif. Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Update Terbaru untuk KA Kelas bisnis Purwojaya sudah dihilangkan, jadi KA Purwojaya hanya melayani kelas eksekutif, KA Sarangan Ekspres sudah tidak jalan, KA Fajar / SenjaUtama Semarang dan yang lainnya menyusul. PT KAI sudah menyiapkan rangkaian kereta api ekonomi terbaru selevel dengan KA Eksekutif. Jadi nantinya KA Bisnis indikasinya mengarah akan di hapus atau diganti kereta ekonomi AC komersil.

0 Response to "Wacana Penghapusan Kereta Api Kelas Bisnis"

Post a Comment