Biar Tambah Nyaman Bagi Masinis, PT KAI Pasang AC di Lokomotif

Halo #railwaymania. Ingin memberikan kabar walau sudah tidak update (agak lama) bahwa PT KAI memasang AC di kabin lokomotif biar menambah nyaman masinis. Lokomotif sebagai penarik kereta dengan dua crew didalamnya memang membutuhkan kenyamanan saat bertugas. Apalagi saat bertugas siang hari yang panas, masinis berada didalam kabin bisa lebih dari 3 jam. Untuk itu ide perlunya AC di ruang kendali lokomotif memang harus disegerakan.

Dirut PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan seluruh lokomotif akan dipasangi AC secara bertahap. Dengan adanya AC ruangan masinis diharapkan lebih nyaman dan fokus dalam bertugas. Pemasangan AC untuk lokomotif ini dikerjakan di Balai Yasa Yogyakarta.

Saat ini saya baru menemui lokomotif CC20337 alias CC203 01 17 cap dipo induk SDT (Sidotopo) sudah dipasang AC (pendingin udara) diruang kendali lokomoti (kabin masinis). Tampak pada gambar lokomotif CC20337 dibawah ini ketika berdinas KA Sancaka Sore (KA 85) relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta.


CC20337
Lihat tongolan atas kabin lokomotif ada kayak kotak kecil, itulah letak pemasangan AC untuk lokomotif.

Gambar Lokomotif Ber AC

Lokomotif KAI Pakai AC

Target dari PT KAI bahwa seluruh lokomotif ditargetkan dipasangi AC untuk lebih memberikan kenyamanan dan meningkatkan kinerja masinis PT KAI. Inovasi bagus buat kemajuan PT Kereta Api Indonesia. Lihat Juga Gambar Lokomotif CC30002 Bersama Dua Kereta Kedinasan dan 10 ZOW.