Home » , » Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api

Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api

Bagi anda calon pengguna kereta api dan pengguna setia kereta api, berikut saya sajikan Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api tentunya berdasarkan pengalaman pribadi saya dan pengalaman kebanyakan penumpang kereta. Tips ini berlaku juga bagi yang baru pertama kali menggunakan kereta api sebagai alat transportasi. Tidak begitu sulit untuk naik kereta api, mudah dan perjalanan relatif menyenangkan.

Anda bisa memilih kereta sesuai selera, budget dan ketersediaan kereta. Bisa kereta ekonomi, kelas bisnis dan kelas eksekutif. Tentu ada yang memprioritaskan kenyamanan karena punya budget, lebih memprioritaskan harga (ekonomis) dan ada yang terpaksa menggunakan kereta kelas tertentu dengan berbagai alasan.

Saat ini, kereta api sudah bagus pelayanannya dibandingkan dengan beberapa tahun silam, era Pak Jonan merupakan tonggak kemajuan PT KAI (persero) dengan berani membuat terobosan walaupun ditentang oleh beberapa individu.

Baca Juga Promo Early Holiday Sale November Desember.

Kereta Ekonomi sudah dilengkapi dengan AC. Kapasitas KA Ekonomi bersubsidi tiap gerbongnya 106 penumpang formasi tempat duduk 3-2 saling berhadapan, Ekonomi AC komersi 80 Tempat duduk formasi 2-2 saling berhadapan, Kereta Bisnis 64 Tempat duduk, Eksekutif 52 Tempat duduk.

Stasiun Surabaya Gubeng


Menikmati perjalanan dengan kereta api tentu harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini, Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api :
  1. Rencanakan tanggal keberangkatan anda dan silakan tentukan kapan keberangkatan anda dengan kereta api. 
  2. Kemudian tentukan pula budget yang dikeluarkan. Piliha kereta ekonomi, bisnis atau eksekutif.Tiap kelas fasiltiasnya berbeda-beda sesuai dengan uang yang anda keluarkan. Kereta Eksekutif harganya paling mahal tapi kenyamanan lebih baik dari kereta lainnya. Kereta Bisnis berada ditengah-tengah antara ekonomi dan Eksekutif.
  3. Pesan Tiketnya. Tempat pesan tiket di loket stasiun jam 09.00-16.00, situs resmi : tiket.kereta-api.co.id, tiket.com, mini market terdekat, aplikasi KAI Acces dan di Kontak Center KAI 121.
  4. Setelah mendapatkan jatah tiket, cetaklah kode booking menjadi tiket pada mesin cetak tiket mandiri atau mesin chek in mandiri. Check in hanya boleh dilakukan 12 jam sebelum keberangkatan kereta. 
  5. Periksa dan siapkan tiket anda beserta kartu identitas asli anda yang sesuai dengan nama di tiket. Contoh Kartu Identitas : SIM, KTP, Passpor, Buku Nikah, Ijazah Terakhir, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa, Kartu Pengenal Kerja dan lain sebagainya.
  6. Datanglah lebih awal 1 Jam di Stasiun sebelum keberangkatan kereta api bersangkutan. Saat keberangkatan kereta api lebih banyak tepatnya dari pada keterlambatannya. Hal ini bisa anda gunakan untuk boarding lebih awal kedalam stasiun, apalagi jika barang bawaan anda cukup banyak, akan menyita waktu. 
  7. Bawalah makanan baik makanan "berat" dan makanan ringan, serta minuman untuk bekal didalam kereta. Didalam kereta juga disediakan menu makanan yang bisa anda pesan. Tentu jika anda tidak berselera dengan menunya, maka bisa membawa sendiri. Perjalanan jauh memakan waktu 7-12 jam, kadang perut juga terasa lapar dan haus karena kedinginan AC.
  8. Jika kereta datang pada jalurnya, tunggu hingga kereta berhenti dan silakan duduk pada gerbong dan tempat duduk sesuai pada tiket anda. Contoh : Eko4/12A atau Ekonom 4 / 12B berarti gerbong/kerteta 4 nomor tempat duduk 12A atau 12 B. Begitu juga kereta eksekutif dan bisnis.
  9. Bila barang bawaan anda banyak, anda bisa menggunakan jasa porter.
  10. Perjalanan kereta api anda bebas asap rokok, bebas pedagang asongan dan pengamen, keamanan relatif terjaga. Usahakan letakkan barang bawaan anda yang mudah anda kontrol/awasi.
  11. Tanya ke Petugas jika dirasa perlu ditanyakan.
Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api


Saya rasa cukup itu saja point-point Tips Menikmati Bepergian Dengan Kereta Api khususnya bagi yang baru pertama kali naik kereta api. Mudah sekali bukan ? Baca Juga Jadwal Kereta Api Kedatangan Dan Keberangkatan Stasiun Tegal.

0 comments:

Post a Comment