Home » » Resmi ! Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023

Resmi ! Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023

Resmi ! Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang Beroperasi Mulai 1 Desember 2023. Proses pembangunan jalur ganda Mojokerto Sepanjang melibatkan beberapa tahap, termasuk perencanaan, pembangunan infrastruktur tambahan (seperti rel tambahan, persinyalan, dan fasilitas lainnya), serta pengujian dan integrasi sistem sebelum pengoperasian penuh.

Sarana dan Prasarana pendukung Jalur Ganda adalah pembangunan Stasiun Tarik, Kedinding, Krian, Boharan dan Sepanjang. Stasiun dibangun dengan desain modern ramah penumpang dan ramah penumpang disabilitas. Agar penumpang tidak melangkah rel kereta api, maka dibuat jalur penyeberangan agar lebih aman saat naik kereta api.

Sarpras pendukung lain yang dibangun adalah Fly Over (FO) Kedinding dan FL Krian. Fly Over ini memudahkan pengendara kendaraan bermotor untuk memotong jalur kereta api sehingga tidak terjadi macet panjang dan tentu aman.

CL Dhoho Penataran

CL Dhoho

CL Penataran

Jembatan Kereta Api


Pengerjaan jalur ganda MR SPJ memakan waktu 2 tahun dimulai tahun 2021 dan selesai tahun 2023. Akhirnya Jalur Ganda Mojokerto Sepanjang resmi beroperasi per 1 desember 2023 pukul 02.20 WIB.

KA Sancaka sebagai kereta yang pertama kali melintas di jalur baru dari Mojokerto arah Surabaya.
ini berarti Mojokerto - Sepanjang udah full DT ya? sisa Sepanjang - Wonokromo yg belum

Manfaat Double Track MR SPJ

Meningkatkan Kapasitas dan Frekuensi: Dengan jalur ganda, kereta api dapat beroperasi dalam dua arah secara bersamaan, memungkinkan peningkatan jumlah perjalanan dan kapasitas angkut.

Mengurangi Keterlambatan: Dengan adanya jalur ganda, terjadi pengurangan keterlambatan karena kereta dari arah yang berlawanan tidak perlu menunggu di stasiun tunggu sementara kereta dari arah lain melewati jalur tunggal.

Meningkatkan Keamanan: Dengan jalur ganda, risiko tabrakan antarkereta yang melintas berkurang karena adanya jalur terpisah untuk perjalanan arah yang berlawanan.

Memangkas waktu perjalanan kereta sehingga perjalanan kereta api bisa lebih cepat.