Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Turun per 1 April 2016

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Turun per 1 April 2014Harga tiket kereta api Ekonomi turun per 1 April 2016. Harga Tiket kereat api ekonomi khususnya jarak jauh mulai 1 Januari 2016 tidak mendapat jatah subsidi dari pemerintah, kini subsidinya cair.

Pemerintah telah melalui kementrian perhubungan memberikan PSO (public servis obligation) atau subsidi untuk penumpang kereat api ekonomi tahun 2016. Sebenarnya sudah cair dan bisa diaplikasikan pada bulan Maret 2016, namun ternyata per 1 April baru muncul harga baru.

Dengan adanya penyesuaian harga ini, diharapkan penumpang memanfaatkan sebaik-baiknya transportasi masal yang murah dan nyaman. Murah karena perbandingan dengan angkutan bus yang mahal dan nyaman karena kereta api ekonomi ber AC serta pedagang asongan yang terkontrol.

Berikut ini harga tiket kereta api ekonomi per 1 April 2016 yang sudah mengalami penurunan harga :
NAMA KA TUJUAN HARGA TIKET
GAYA BARU MALAM SURABAYA JAKARTA 106.000
LOGAWA PURWOKERTO JEMBER 76.000
SRITANJUNG BANYUWANGI YOGYAKARTA 96.000
PASUNDAN SURABAYA BANDUNG 96.000
KERTAJAYA SURABAYA JAKARTA 150.000
MATARMAJA MALANG JAKARTA 111.000
TAWANG ALUN MALANG BANYUWANGI 63.000
BENGAWAN SOLO JAKARTA 76.000
PROGO SOLO JAKARTA 110.000
KUTOJAYA UTARA KUTOARJO JAKARTA 100.000
KAHURIPAN KEDIRI BANDUNG 86.000
BRANTAS KEDIRI JAKARTA 86.000
TAWANG JAYA SEMARANG JAKARTA 100.000
TEGAL EKSPRES TEGAL JAKARTA 50.000
MAHARANI SEMARANG SURABAYA 50.000
KUTOJAYA SELATAN KUTOARJO BANDUNG 61.000
SERAYU PURWOKERTO JAKARTA 66.000
TEGALARUM TEGAL JAKARTA 70.000
RAJABASA KERTAPATI TANJUNGKARANG 33.000
BUSER/BUKIT SERELO KERTAPATI LUBUKLINGGAU 33.000
PUTRI DELI TANJUNGBALAI MEDAN 28.000
SIANTAR EKSPRES MEDAN SIANTAR 23.000
PROBOWANGI SURABAYA BANYUWANGI 58.000
PROBOWANGI SURABAYA PROBOLINGGO 30.000

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Per 1 Januari 2015

Rentetan harga naik turun mulai dari Januari 2015. Tiket Kereta Api Ekonomi kembali naik pada 1 Januari 2015 sampai dengan 28 Februari 2015, Mulai 1 Maret 2015 tiket KA Ekonomi kembali mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Nah itu dia beberapa nama dan tarif kereta api ekonomi yang akan berubah harga tiket kereta api ekonomi turun per 1 Arpil 2016.

91 Responses to "Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Turun per 1 April 2016"

  1. enak bener . . gw udah beli harga lama dan mahal :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi para penumpang yang telah membeli tiket KA untuk keberangkatan 1 April dan seterusnya yang pembeliannya dilakukan sebelum 1 April 2014 dengan tarif lama (komersial/belum disubsidi), maka PT KAI akan mengembalikan selisih bea kepada penumpang di stasiun tujuan.

      sumber: http://nasional.kompas.com/read/2014/03/08/1553361/Mulai.1.April.Kereta.Api.Ekonomi.Disubsidi

      Delete
    2. Terima Kasih Ibu Meli atas sumber informasinya, biar yang lain pada mengerti.

      Delete
  2. Kmren uda bli tiket buat tgl 4 jogja jkrta dg hrga lama... Lebih nya di blikin g nih....

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. ada mbak meliana, pakai KA Kahuripan Bandung Kediri, Malabar Bandung Malang, Matarmaja Jakarta Malang itu lewat kediri semua mbak.

      Delete
  4. Maap kang mau nanya kl ka progo jakarta ke lempuyangan untuk tanggal 14 masih adakah

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk keberangkatan 14 Mei sudah penuh pak iwan, untuk 14 juni dan 14 juli masih ada kurisnya

      Delete
  5. maaf mau nanya kalau kereta dari madiun ke wonokromo itu apa aja ya?? trs harganya brpa aja? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Madiun Ke Wonokromo naik KA Arjuno Ekspres harga tiketnya kurang lebih Rp 40.000

      Delete
  6. tiket KA Matarmaja untuk bulan juni masih adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matarmaja untuk relasi mana kemana mas? tanggal pastinya tanggal berapa?

      kalo relasi malang - pasar senen:
      tgl 1 habis
      tgl 2 sisa 100an
      tgl 3 sampe 30 masih sisa 700an

      Per bulan Juni menggunakan jadwal baru, kereta matarmaja berangkat dari Malang jam 17.00, tiba di ps.senen 09.21

      Berangkat dari Ps.senen jam 15.15, tiba di malang jam 06.50.

      *Ijin bantu jawab ya mas agus :))

      Delete
    2. Joss untuk mas Panji, matur nuwun atas jawabannya yang super lengkap.

      Delete
  7. Jadwal tiket untuk jakarta semarang untuk keberangkatan malam yg kelas ekonomi naik apa?

    ReplyDelete
  8. untuk tiket kahuripan kircon solo masih 50rb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih 50 ribu berubah per 1 April 2014

      Delete
    2. Màv pak kalo utk besok dr kediri k bandung ada tidak yah?

      Delete
    3. maaf baru bisa membalas, kursi sudah penuh

      Delete
  9. Replies
    1. Malioboro ekspress tiket mulai 120.000-250.000
      KA Bima 340.000-445.000
      Gajayana 430.000-565.000
      Malabar 190.000-420.000

      Delete
  10. Maaf mau tanya klo KA progo bt tgl 4 agustus bt 4 orang ada ga ya

    ReplyDelete
  11. maaf mau tanya untuk persediaan tiket KERTAJAYA untuk pertengahan juni masih adakah?

    ReplyDelete
  12. info tiket KA Kertajaya dari Pasarturi tujuan Jakarta Tanjung Priok Keberangkatan Juni 2014 (update 26 Mei 2014).
    Tanggal 15, 20, 21, 22, 23 sudah terjual semua
    Tanggal 16, 17, 18 ,19, 24, 25 masih ada

    ReplyDelete
  13. TIKET JAKARTA - SURABAYA untuk tanggal 29 juni 2014 masih ada nggak ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket Jakarta tujuan Surabaya : KA Ekonomi Gayabaru Malam dari Jakarta Kota tujuan Surabaya Gubeng tanggal 29 masih tersedia. Begitu juga KA Kertajaya juga masih tersedia
      KA Eksekutif Bima, Bangunkarta, Sembrani, Argo Bromo juga masih tersedia.

      Delete
  14. Jogya-jakarta gimana? kena berapa harga tiketnya ya? mhon info untuk ekonomi dan eksekutifnya sekalian. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk KA Ekonomi : Bogowonto (Eko AC) Rp 145.000-205.000, Gajahwong (Eko AC) 145.000-205.000, Krakatau 170.000-250.000, Bengawan (EKO Subsidi) 50.000, Progo (EKO Subsidi) 50.000, Gaya Baru (EKO Subsidi) 55.000. Untuk KA Ekonomi AC ini KA Non Subsidi dengan fasilitas lebih baik dari KA Ekonomi biasanya. Untuk KA Ekonomi subsidi sudah dilengkapi AC. Berangkat dari lempuyangan tujuan pasarsenen.

      KA Eksekutif, Taksaka (280.000-340.000) , Argo Lawu (300.000-360.000), Argo Dwipangga (300.000-360.000), Bima (355.000-445.000) , Gajayana (385.000-475.000)
      untuk KA eksekutif dari Stasiun Yogyakarta tujuan Gambir

      Delete
  15. untuk tiket Solo-Tasikmalaya tanggal 29 Juli masih ada gak ya?? dan harga brp untuk kelas ekonomi..terimakasih

    ReplyDelete
  16. Pak KA Progo harga 50rb itu ac / gak? Trims

    ReplyDelete
  17. Maaf, mau tanya: kalo jakarta - mojokerto yg biasa naik apa ya ? Trus utk keberangkatan tgl 12 Juni dan pulang lagi ke jakarta tgl 14 Juni masih ada kursi gk ya..? Thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jakarta ke Mojokerto naik KA Bima, Bangunkarta untuk eksekutif, untuk ekonomi KA Gaya Baru, tiket gaya barunya sudah habis pak

      Delete
  18. Replies
    1. Madiun Jakartaa : Matarmaja, Gaya Baru, Krakatau untuk KA Ekonomi
      KA Bima, Gajayana, Bangunkarta untuk ka eksekutif

      Delete
  19. Surabaya jakarta GBMS masih ada ga mas buat tgl 12 juni 2014...?

    ReplyDelete
  20. Kalau kereta ekonomi jakarta surabaya, msh ada ga mbak? Berangkatnya jam berapa, di stasiun apa? Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ekonomi jakarta Surabaya pakai Gaya Baru (st Gubeng pk 12.00) dan Kertajaya (pasarturi pk 20.00) untuk keberangkatan tanggal berapa? kalau hari raya ini sudah sold out

      Delete
  21. KA progo untuk keberangkatan tgl 5 September kenapa belum bisa dipesan y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mohon infonya, apakah kereta progo masih beroperasi di bulan september ? :(

      Delete
    2. Betul sekali Pak Yekti dan Bu Elsa, Saya lihat untuk KA Progo terakhir bisa di pesan tanggal 31 Agustus 2014. Namun menurut hemat saya pribadi, hal ini karena kontrak Subsidi penumpang (PSO/public servis obligation) dari pemerintah melalui dirjen perhubungan belum disepakati. Atau bisa dikatakan belum di cairkan. Kemungkinan apabila PSO tidak cair, maka harga non subsidi yang akan diberlakukan. KA Progo, Bengawan, Gaya Baru, Serayu, Kutojaya Utara termasuk dalam KA Subsidi dari pemerintah. Kita tunggu perkembangan info subsidinya.

      Delete
    3. Untuk melihat berapa harga tiket KA Ekonomi Jarak Jauh yang dicabut subsidinya bisa membaca Harga Tiket KA Ekonomi Non Subsidi

      Delete
  22. buat tanggal 19 juni masih ada ga tiket kereta okomoni bandung surabaya nya ? mohon informasihnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk KA Pasundan (ekonomi) Kiaracondong Bandung tujuan Surabaya sudah penuh, ini ada KA Mutiara Selatan kelas Bisnis sampai dengan jam 10.00 masih tersedia

      Delete
  23. maaf mau tanya untuk kereta ekonomi jurusan Solo (Jebres) - Purwokerto brk 24/6/14 - pulang 27/6/14 apakah masih ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada bu, pakai KA Jaka Tingkir atau KA Krakatau, berangkat dan pulangnya di Stasiun Purwosari bukan di Jebres ya. Silakan cari di kolom cari tiket. Semoga membantu

      Delete
  24. kereta tambahan lebaran pasundan pakai ac ga mas? klo lihat dari kode booking tidak seperti pasundan biasa KAC, di pasundan lebaran K

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kereta api ekonomi (jarak jauh dan dekat) sudah memakai AC.

      Delete
  25. maaf mau tanya untuk kereta ekonmi tambahan lebaran jurusan jakarta -madiun masih ada atau tidak?untuk keberangkatan 25/7/2014 dari stasiun tanah abang /senen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada kursi tersisa Bu. Sudah terjual semua

      Delete
  26. untuk jurusan jakrta surabya yang brantas ada gag ya

    ReplyDelete
  27. maaf saya ingin bertanya untuk jereta api jurusan surabaya jakarta (gaya baru malam selatan) untuk minggu ini masih tersedia atau tidak?jika masih tersedia, tanggal berapa dan apa harganya tetap 55.ooo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaya Baru dari Gubeng untuk tanggal 14, 15 ,16 masih ada tempat duduk, saya cek tanggal 10 Juli 2014 jam 09.00. Tarif masih Rp 55.000

      Delete
  28. maaf mau nanya kreta jurusan jogja-sby buat tgl 16/17 ada ngk? hargany brpa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tgl 17 adanya pakai KA bisnis sancaka dengan harga mulai dari Rp 160.000, Mutiara selatan juga bisa Mulai Rp 190.000

      Delete
  29. Mau tanya kalo KA ekonomi dr bandung-jogja (pp) pake kereta apa ya? Apa tiketnya msh tersedia untuk sekitar tgl 25-31 agustus? Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Kiaracondong tujuan Lempuyangan bisa naik KA Kahuripan atau KA Pasundan. Untuk ketersediaan tempat duduk, sampai dengan tanggal 8 Agustus masih ada untuk tiket PP keberangkatan tanggal 25-31 Agustus 2014. Silakan dipesan sekarang juga

      Delete
  30. Mau tanya nih ??? KA ekonomi apa yang jurusan Surabaya-bandung..
    terus beli tiketnya dimaana... aku cek di pasar turi gak ada??? sekalian harga tiketnya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KA Pasundan = Surabaya Gubeng - Kiaracondong Bandung, harga tiket RP 55.000, beli tiketnya sekarang harus online, di tiket.kereta-api.co.id atau di tiket.com

      Delete
  31. Untuk tiket ke jogja tgl 18 agstus dri jakarta mash ada ga mas? KA progo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk KA Progo sudah penuh, masih tersisa untuk KA Bogowonto, ekonomi AC dengan harga Rp 165.000

      Delete
  32. maaf mau tanya, saya dari Bali dan rencana mau ke kediri tanggal 4 september,
    untuk kereta dari banyuwangi yg ke kediri ada tidak ya?
    klau ada, jadwal keberangkatannya jam berapa dan tarifnya brapa?
    dan apa bisa dipesan hari itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menginginkan berangkat Malam Hari dari Banyuwangi bisa pakai KA Mutiara Timur Malam bergkt pk 22.00 tiba di Surabaya Pk 04.25 harga tiket 120.000-200.000 kemudian Oper Naik KA Rapih Dhoho Pukul 08.15 tujuan Kediri harga tiket 5.500. Nati sampai kediri agak siangan.

      selengkapnya bisa baca di artiket lni mas : Pilihan Kereta Api Banyuwangi Kediri

      Delete
    2. itu belinya gimana?
      bisa langsung d stasiun kah?
      harganya beda dengan di websitenya KAI..
      maaf, saya belum pernah naik kereta, jadi skarang baru pengen nyoba..

      Delete
    3. Untuk beli KA Mutiara Timur bisa di Indomart atau alfamart, atau di Website PT KAI, tiket,kereta-api.co.id atau di tiket.com. Harga nya ada subclas nya mulai dari 120.000-200.000, harga bisa berubah.
      Untuk pesan tiket KA Dhoho bisa di beli langsung di stasiun Banyuwangi, atau Stasiun Surabaya GUbeng

      Delete
  33. Pak untuk gaya baru tgl 4 sept besok masih ada ga
    Tks infonya

    ReplyDelete
  34. Pak untuk KA Kahuripan dari stasiun Kiaracondong tujuan Kediri tnggl 22 Sept 2014 apa masih ada? kiranya msih ada brangkat nya jam brapa? Trima ksih bnyk membantu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KA Kahuripan dari Kiaracondong tujuan kediri masih ada Bu, saya cek 4 Tiket lebih masih ada. Berangkat dari Kiaracondong pukul 20.05 WIB tiba di Kediri pukul 09.20 lama perjalanan hampir 14 Jam. Harga tiket Rp 50.000.

      Jika ingin mencari dan pesan tiket silakan cari di Kolom Cari Tiket di Blog ini pada bagian atas. Terima kasih

      Delete
  35. maaf mau tanya ka ekonomi dr surabaya tujuan bandung/jakarta yg nyaman mana ya? krn bawa anak kecil. mohon infonya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk KA Ekonomi sekarang sudah dilengkapi dengan AC (pendingin udara) kalau dari Surabaya Ke Jakarta Pakai KA Gayabaru dari Surabaya Gubeng, kalau Dari Pasar Turi pakai KA Kertajaya.
      Untuk surabaya Bandung pakai KA Pasundan pak. Anak kecil saya kira tidak kepanasan karena sudah ada AC nya, Bebas Asongan, dan pengamen, tidak berjubel dan Cepat (tidak berhenti di sembarang stasiun).

      Delete
  36. Maaf mas agus,, saya mau tanya kalau mau beli tiket KA ekonomi rute solo ke pasar senen dimana ya? Saya belum pernah naik kereta,, saya mau berangkat tgl 1 nov 2014.. Keberangkatan kereta yg terakhir jam berapa,, trus kalau saya mau balik dari stasiun senen tgl 3 nov apakah bisa jg dibeli waktu disolo. Mohon bantuannya nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat dari St Solojebres :
      KA Matarmaja pk 00.02 (tiket 65.000)
      KA Brantas pk 16.54 (tiket 55.000)
      KA Majapahit pk 19.04 (tiket 175.000-275.000)

      Dari Purwosari :
      KA Bengawan 15.25 (55.000)
      KA Gayabaru 16.09 (50.000)

      Dari Pasar Senen :
      KA Matarmaja pk 15.15 (65.000)
      KA Brantas pk 16.00 (55.000)
      Gayabaru pk 10.40 (55.000)
      Bengawan pk 11.55 (50.000)
      Majapahit pk 17.20 (175.000-275.000)

      Beli tiketnya bisa di online tiketing di tiket.com/tiket.kereta-api.co.id, kalau pengen mudah bisa ke indomart/alfamart. Kemudian tukar kode booking dengan tiket di loket stasiun. Pesannya bisa langsung dari solo.

      Delete
    2. maaf apakah jadwal dan tarif kreta diatas masih berlaku hingga bulan desember 2014?

      Delete
  37. Replies
    1. harga tiket diatas berlaku sampai dengan 31 Desember 2014. 1 januari 2015 harga tiket ka ekonomi mengalami kenaikan yang cukup tajam.

      Delete
  38. Kapan tiket kereta api serayu april 2015 bisa dibeli?

    ReplyDelete
  39. kereta kutojaya selatan dari KAC_SDR buat tgl 12 juli 2015 ,masih adakah?

    ReplyDelete
  40. Kutojaya Selatan Habis, Pasundan masih tersedia

    ReplyDelete
  41. Kalo anak dbawah 2 tahun apa harga tiketnya sama seperti dewsa ya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak dibawah 3 tahun tidak kena tiket pak, tapi harus dipangku, kalau ambil jatah kursi harus bayar penuh.

      Delete