Keuntungan Rel Ganda Pantura

Pembangunan jalur rel ganda di pantura yang membentang dari Surabaya Pasar Turi hingga Jakarta yang jaraknya sekitar 727 km hampir memasuki tahap selesai. Secara teknis sudah selesai namun butuh penyempurnaan seperti pembenahan signal dan pembebasan lahan di Tandes, Surabaya. Dengan selesainya pembangunan rel ganda pantura ini, akan ada banyak keuntungan di dalamnya. Seberapa besar keuntungan atas pembangunan rel ganda ini, sebelumnya baca dulu Pembangunan rel ganda memasuki tahap akhir.

Keuntungan Rel Ganda

Keuntungan rel ganda pantura jelas ada pada waktu tempuh kereta api unggulan dan kereta api ekonomi, seperti KA Argo Bromo, KA Sembrani, KA Harina, KA Gumarang, KA Kertajaya yang semakin mulus melintas tanpa ada program persilangan. Diperkirakan waktu tempuh akan berkurang hingga 3 jam, contohnya kereta api Argo Bromo anggrek bisa ditempuh dengan waktu 8 jam bisa juga kurang.  Jika waktu tempuh menggunakan kereta ekonomi menjadi berkurang, maka moda transportasi kereta api akan menjadi banyak penggemar.

Dengan adanya rel ganda pantura, angkutan barang juga akan ramai. Hal ini mengurangi kepadatan di jalan raya yang ongkos transportasinya dirasa lebih mahal dibanding dengan angkutan kereta barang. Apalagi di stasiun kandangan sendiri akan di bangun pusat peti kemas angkutan barang, begitu perluasan stasiun kalimas. Geliat angkutan barang jarak jauh jakarta surabaya akan ramai, tidak ada hambatan dalam pengiriman barang, suplai lancar ekonomi pun lancar.

Begitu juga akan ada kereta-kereta tambahan lain baik jarak pendek maupun jarak menengah, memanfaatkan celah jadwal yang kosong. Dengan demikian ada banyak pilihan kereta api bagi calon penumpang kereta api. Demikian sedikit keuntungan rel ganda pantura yang sebentar lagi sudah bisa full digunakan jakarta surabaya.

0 Response to "Keuntungan Rel Ganda Pantura"

Post a Comment