Angkutan Kereta Api Semen Bosowa

Halo railway mania, masyarakat pecinta dan penggemar kereta api. Saya mau mengulas sedikit tentang kereta api angkutan semen Bosowa Lintas Banyuwangi Kalimas. Kereta semen Bosowa ini statusnya masih PLB (perjalanan luar biasa). Diresmikan pada Hari Minggu 01 Juni 2014 oleh VP Daop IX Jember dan Dirut PT KALOG. Keberangkatan awal angkutan semen perdana milik PT Bosowa dengan total 12 gerbong datar (GD) dan nomor keberangkatan KA 8058. KA 8058 diberangkatkan hari Minggu 01 Juni 2014 dari Stasiun Banyuwangi Baru jam 21.00 dan tiba di Stasiun Kalimas, Surabaya hari Senin 02/06 jam 12.50. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Kalimas menggunakan nomor 8055 dengan keberangkatan sore hari antara pukul 16.00 WIB.

Kereta Api Semen Bosowa


Keberadaan angkutan semen Bosowa ini cukup untuk mengurangi kepadatan di jalan raya Surabaya Banyuwangi, dengan 12 gerbong datar, sudah bisa mengangkut semen bosowa ke Kalimas. Namun saat ini keberadaan angkutan semen bosowa dengan kereta api ini sudah tidak jalan lagi, entah apa alasannya, kemungkinan kontrak atau hal lain yang menghambatnya.

gambar ka semen bosowa

gambar ka angkutan semen
Kereta api semen Bosowa berangkat dari Kalimas 8055 dengan menggunakan dua lokomotif atau traksi ganda lokomotif CC206 series. Dari Banyuwangi juga menggunakan lokomotif traksi ganda untuk mengantarkan sampai di Kalimas. Saat ini keberadaan angkutan kereta api semen bosowa di gantikan oleh angkutan ka semen Nambo Banyuwangi, dimana jarak tempuh yang sangat jauh untuk mengantarkan semen di kedua stasiun tersebut. Demikian sekilas tentang keberadaan angkutan kereta api semen bosowa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

0 Response to "Angkutan Kereta Api Semen Bosowa"

Post a Comment