Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kereta Api

Halo railway mania, masyarakat pecinta dan pengguna kereta api. Nah sekali-kali menulis tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan kereta api baik KA Ekonomi, bisnis dan Eksekutif. Apa saja keunggulan dan kelemahan kereta api? Kereta Api merupakan sarana transportasi dengan jalur yang tetap, relnya satu namun kecepatan dan ketepatan tergantung dari beberapa hal. Jalan yang tunggal atau ganda itu digunakan untuk perjalanan beberapa kereta api tiap hari dengan jadwal yang sudah diatur dan diharapkan minim adanya tabrakan antar kereta api. Baik, mari kita simak bersama apa keunggulan dan apa kelemahan kereta api :
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kereta Api

Tarif KA Ekonomi Naik Pada Januari 2014

Kelebihan Kereta Api :
  1. Perjalanan sudah terjadwal. Calon penumpang bisa memilih jadwal keberangkatan yang tersedia, mau milih kereta jadwal pagi, siang atau malam. Mau memilih kereta ekonomi, bisnis atau eksekutif bisa di kondisikan.
  2. Punya jalur sendiri (rel). Jalur (rel) kereta api memungkinkan kereta untuk memacu dengan kecepatan tertentu sesuai dengan batas-batasnya. Bebas dari kemacetan karena punya jalur sendiri.
  3. Saat ini seluruh kereta api sudah dilengkapi dengan AC/ Pendingin Udara. KA Ekonomi lokal yang harganya super murah pun sekarang sudah dilengkapi dengan pendingin udara.
  4. Tempat duduk sesuai dengan yang tertera pada tiket. Nah ini yang bikin lega dan tenang, kita bisa memilih tempat duduk kereta. Sekarang untuk KA Bisnis dan Eksekutif tidak dijual tiket tanpa tempat duduk, jadi semakin nyaman.
  5. Keamanan dalam kereta juga terjamin, selain ada security, juga ada polsuska serta pedagang asongan dan pengamen tidak bisa masuk ke dalam kereta api walaupun KA Ekonomi sekallipun. Namun alangkah baiknya tetap menjaga kewaspadaan terhadapt barang bawaan kita.
  6. Toilet dan ruang tunggu yang nyaman dan bersih
  7. Pesan Tiket relatif lebih mudah, kapan dan dimana pun bisa pesan.
  8. Ada alat cetak tiket mandiri sehingga calon penumpang yang menukar kode booking tidak perlu antri di loket stasiun.
Tiket KA liburan Akhir Tahun Sudah Bisa Dipesan

Kekurangan Kereta Api :
  1. Terlambat dengan sebab : lokomotif mogok, Lokomotif kehabisan daya, ada rintangan jalan seperti kecelakaan, ada truk mogok di rel, ada pohon tumbang, serta kereta anjlok. Dan hal lain yang mengakibatkan perjalanan kereta api terganggu karena jalannya terganggu.
  2. Kekurangan lokomotif. Saat lebaran, lokomotif yang ada di dipo dikerahkan semua, bahkan ada loko stand by di posko tertentu. Jika ada trobel lokomotif penarik ka tertentu, maka akan lama untuk mendapatkan pengganti lokomotif.
  3. Pendingin Udara/ AC mati, Saat ini, jendela kereta api di desain tidak bisa di buka karena ber AC, saat AC mati, maka suhu di dalam kereta akan sangat panas.
  4. Suspensi atau roda yang tidak rata, Perjalanan jadi tidak begitu menyenangkan, tidak nyaman tidur dan berisik.
  5. Jadwal sudah diatur, sehingga jika kereta tepat masuk stasiun A 15 menit lebih awal, maka kereta harus menunggu jadawl keberangkatan sebenarnya, jadi harus menunggu 15 menit.
  6. Untuk pelayanan customer servis jawabannya selalu datar kurang memuaskan si penannya.
  7. Keterlambatan kereta tidak sebanding dengan kompensasi yang diberikan.
Nah itu dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan kereta api barangkali ada yang mau menambahkan silakan komentar sebagai saran bagi kemajuan kereta api Indonesia. Demikian Keunggulan dan Kekurangan kereta Api yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Kelebihan dan Kekurangan KA Tambahan

1 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kereta Api"

  1. kang mau nanya. Ane masih bingung itu kereta dapet daya darimana? apa ada penyimpanan daya pada kereta api?

    ReplyDelete