Subsidi PSO Dihapus, Tarif KA Ekonomi Naik Per 1 Januari 2015

Halo railway mania, masyarakat pecinta dan pengguna kereta api. Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2015, Pemerintah akan mencabut PSO (public servis obligation) subsidi penumpang kereta api ekonomi. Penghapusan subsidi untuk kereta api ekonomi jarak jauh dan jarak sedang/menengah untuk dialihkan ke Kereta Api Lokal dan komuter. Bentuk subsidi tersebut belum tentu berupa penurunan tarif KA Ekonomi lokal, bisa jadi ada penambahan fasilitas untuk kenyamanan penumpang ka lokal. Bisa juga penambahan kapasitas tempat duduk untuk KA Lokal.

Subsidi PSO Dihapus, Tarif KA Ekonomi Naik Per 1 Januari 2015

Saat ini para penumpang KA Jarak Jauh dan sedang masih di subsidi oleh pemerintah, ke depan subsidi difokuskan ke ka lokal yang notabene adalah kereta andalan para penglaju/pekerja. Mereka yang bekerja itulah yang perlu di subsidi dan mendapat perhatian dari dana PSO tersebut. KA Lokal di Daop 8 seperti Komuter, Pentaran dan Dhoho memang sudah bagus dan subsidinya saya rasa sudah tepat sasaran. Apalagi di fokuskan ke KA Lokal, barangkali ada penambahan kereta/gerbong sehingga ketersediaan tempat duduk menjadi bertambah.

Namun jangan kawatir, untuk kereta api ekonomi non subsidi akan diberlakukan tarif parsial, artinya penumpang bepergian dengan jarak tertentu dengan harga yang sesuai dengan aturan jarak tersebut. Misal harga KA Logawa Jember Purwokerto Rp 150.000 untuk jarak terjauh, jika penumpang dari jember turun Surabaya, maka harganya tidak Rp 150.000 melainkan Rp 50.000 begitu juga seterusnya.

Daftar KA Ekonomi yang bakal naik tarifnya :
  1. KA Logawa Jember Purwokerto PP
  2. KA Sritanjung Banyuwangi Jogja PP
  3. KA Tawang Alun Banyuwangi PP
  4. KA Probowangi Surabaya Banyuwangi PP
  5. KA Gaya Baru Malam Selatan Surabaya Jakarta PP
  6. KA Pasundan Surabaya Bandung PP
  7. KA Kertajaya Surabaya Jakarta PP
  8. KA Kahuripan Kediri Bandung PP
  9. KA Brantas Kediri Jakarta PP
  10. KA Matarmaja Malang Jakarta PP
  11. Kutojaya Utaran Kutoarjo Jakarta PP
  12. Kutojaya Selatan Kutoarjo Bandung PP
  13. KA Progo Jogja Jakarta PP
  14. KA Bengawan Solo Jakarta PP
  15. KA Tawang Jaya Semarang Jakarta PP
  16. Serayu Pagi Jakarta Purwokerto PP
  17. Serayu Malam Purwokerto Jakarta PP
  18. Tegal Arum Tegal Jakarta PP
Apakah harga tiket KA Ekonomi yang naik yang direncanakan pada tanggal 1 September 2014, beriku ini gambraan harganya : Harga tiket KA Ekonomi Naik per 1 September 2014

Kita nantikan harga resmi KA Ekonomi naik di tahun 2015 tepatnya tanggal 1 Januari 2015. Pemesanan tiket KA Eknomi tanggal 2 Oktober 2014 sudah menggunakan harga kenaikan tersebut. Inilah harga tiket KA Ekonomi Non Subsidi per 1 Januari 2014


0 Response to "Subsidi PSO Dihapus, Tarif KA Ekonomi Naik Per 1 Januari 2015"

Post a Comment