Cara Mengurus Tiket Kereta Api Hilang

Bukan tidak mungkin jika tiket kereta api anda hilang entah karena lupa, sobek, terbakar atau alasan lain yang membuat tiket kereta api anda lenyap dari tangan. Langkah apa yang harus dilakukan agar mendapatkan tiket kereta api kembali tanpa memesan lagi, tanpa membayar lagi, tetapi mendapatkan ganti tiket yang telah kita pesan sebelumnya. Tiket kereta api yang dicetak mempunyai kode booking dan nomor seri, serta data anda sudah tersimpan di database tiket kereta api. Jadi anda jangan kawatir karena tiket bisa kembali dicetak atau reprint. Penasaran bagaimana mengurus tiket kereta api hilang atau reprint, yuk kita simak langkah-langkahnya.
Cara Mengurus Tiket Kereta Api Hilang

Informasikan kepada petugas loket jika anda kehilangan tiket kereta api yang akan anda gunakan. Dimana menginformasikannya?ditempat anda membeli tiket kereta api bersangkutan. Lalu bagaimana jika pembelian tiket tersebut melalui online tiketing yang cuma diberi kode booking? Tempat nyetak kode booking jadi tiket bisa jadi rujukan untuk komplain.

Baca Juga : Harga Tiket KA Bengawan Agustus

Anda datang ke loket stasiun pada saat hari H pemberangkatan kereta api tersebut maksimal satu jam sebelum keberangkatan. Persyaratannya membawa foto kopi KTP atau kartu pengenal lainnya sebanyak dua lembar. Anda menginformasikan kepada petugas loket data diri anda yang sesuai dengan nama pada tiket, kereta yang akan digunakan, dari mana dan tujuan mana, tanggal keberangkatan dan jam keberangkatan.

Petugas loket akan melacak data anda, dan jika cocok dengan data yang anda infokan maka tiket akan segera dicetak dengan tulisan reprint.

Saran bagi anda yang sudah membeli tiket kereta api atau masih dalam bentuk kertas kode booking, silakan foto tiket atau kode booking tersebut untuk memudahkan anda dalam proses pengurusan tiket hilang. Nah itu dia langkah yang harus dilakukan jika tiket kereta api hilang. Jangan kawatir akan tetap dilayani dan tidak perlu membeli tiket lagi. Demikian semoga informasi ini berguna bagi kita semua, simpan baik-baik tiket anda dan barang anda lainnya. Tiket KA Jaka Tingkir Agustus

27 Responses to "Cara Mengurus Tiket Kereta Api Hilang"

  1. Sangat bermanfaat pak agus, terutama bagi mertua saya yg hanpir selalu bepergian dg kereta api, selama kota yg dituju masih wilayah jawa. Kemungkinan lain tiket hilang tuh adalah, tercuci alias kekumbah..
    Betul sekali, saya jg selalu mempraktekkan memfoto dokumen atau surat penting. Bahkan undangan atau surat ulem we saya foto je pak, untuk ngawekani kalo ketlingsut. Terutama waktu tempat dan petanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Njagani itu memang perlu, selain itu sebagai arsip digital untuk kita simpan. Undangan sampai di foto itu keren banget, hehehe

      Delete
  2. Pak Agus apa kabar? Mbak Nia, Dik Hayyu? Saya kok kangen dengan kekonsletan komen dan obrolan geng kpk dan klepon di blog Anda dan Mbak Nia ya....kira kira kapan jadi rame lagi ky dulu nih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya juga kangen sekali pengen konslet2an lagi. Kangen kayak dulu lagi. hikss....

      Delete
  3. Bagaimana, kalau tiket tersebut yang hilang di cetak lagi di CTM, apakah masih bisa? atau CTM hanya sekali cetak?

    Oh ya, satu lagi om bro, kalau cetak tiket apa harus dari stasiun keberangkatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau CTM bisa dimanapun cetaknya.
      Untuk tiket yang hilang harus berkoordinasi dengan petugas loket, tidak bisa dicetak lagi di mesin CTM.

      Delete
  4. Aduh tiket saya hilang beli 1 buln yg llu .. makasih atas infonya semoga tiket saya bisa kembali huhu

    ReplyDelete
  5. tiket saya hilang pak, lupa kode boking beli di indomaret itu gimana pak? saya orangnya panik tkt ga ada data pas dilacak huhu

    ReplyDelete
  6. tiket saya hilang pak, lupa kode boking beli di indomaret itu gimana pak? saya orangnya panik tkt ga ada data pas dilacak huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan ke CS atau petugas loket Stasiun, data anda mungkin bisa dilacak. Ingat datanya : Nama anda, Nomor NIK yang digunakan untuk beli tiket, Nama Kereta, Stasiun asal dan Stasiun Tujuan. Semoga bisa dilacak.

      Delete
  7. PAK KALAU CARA MENANYAKAN APAKAH TIKET KERETA API DIGUNAKAN ATAU TIDAK BAGAIMANA??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat tanggalnya berarti sudah digunakan, walaupun tidak dinaiki. Jika sudah di plong/ada lubang di tiket berarti sudah digunakan.

      Delete
  8. Pak tiket saya hilang. Padahal tiket tersebut digunakan untuk keperluan laporan ke kantor saya. Apakah masih bisa dicetak lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ingat dengan kode booking akan semakin mudah memprosesnya,jika tidak ingat, silakan laporkan nama, no id, tanggal berangkat, kota asal dan kota tujuan.

      Delete
  9. Pak saya kehilangan tiket pp jakarta cilacap,apa saya bisa cetak ulang di jakarta?atau harus di cilacap soalnya saya dulu belinya di cilacap

    ReplyDelete
  10. Pak saya kehilangan tiket pp jakarta cilacap,apa saya bisa cetak ulang di jakarta?atau harus di cilacap soalnya saya dulu belinya di cilacap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Lebih jelasnya call kontak center aja pak. 021 121 atau 121.

      Delete
  11. Pak saya mau tanya saya pesen tiket pp dr jkrta ke solo tgl 3 Sep blik dr solo ke jkrta tgl 4 sep.klu mau ctm bisa lngsung pp gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah tidak pakai Cetak tiket mandiri (CTM) dari Jakarta diberlakukan sistem Chek In. Sistem Chek in mandiri ini hanya bisa dilakukan di Stasiun Keberangkatan saja. Jadi keberangkatan Gambir/Pasar Senen harus di cetak di stasiun tersebut. Keberangkatan Solo juga harus dicetak di Solo.

      Delete
    2. Tp klu seandai nya stasiun blm ada sistem chek in gmn cetak tiket nya..

      Delete
    3. Jika belum ada sistem chek in bisa dicetak di Mesin CTM atau di loket stasiun.

      Delete
  12. Apakah tiket lokal juga bisa di cetak ulang kalau hilang Pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak, ingat kode booking?ingat nomor tempat duduknya? intinya bisa dengan menyertakan fotokopi KTP.

      Delete
  13. Apa chek in tiket hnya bisa di lakukan 12 jam 10 mnit pd hari H kbrangktan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chek ini bisa dilakukan 12 jam sebelum kereta berangkat pada hari H sampai 10 menit atau menjelang kereta berangkat.

      Delete
  14. Mau nanya kalau cetak ulang tiket yg sudah berangkat bisa apa tidak, soalnya untuk bukti biaya perjalanan dinas kantor, kejadian berangkat dari stasiun tawang ke stasiun jatinegara tgl 20/10/2016, nama kereta Bangun karta berangkat pukul 22.30 wib.

    ReplyDelete