Satu Hari Dengan Dua Rangkaian Kereta Membawa Kereta Wisata

Halo railway mania. Selama musim lebaran tahun ini, banyak para penumpang memanfaatkan kereta wisata (KAWIS) untuk mudik ke kampung halamannya. Biasanya mereka menyewa kawis untuk rombongan keluarga. Kereta Wisata merupakan kereta khusus yang bisa disewa dengan fasilitas mewah (vvip) dan hanya diisi oleh penyewa kawis. Tidak boleh ada penumpang lain yang masuk ke kereta tersebut. Untuk tarifnya bisa baca : Daftar Tarif Kereta Wisata.

Musim angkut mudik lebaran itulah banyak rangkaian kereta api reguler kelas eksekutif jurusan Surabaya Bandung, Gambir Solo, Gambari Yogyakarta, Gambir Tegal, Gambir Bandung yang di "tempeli" kereta wisata. Mereka biasanya orang yang tidak mau ribet dengan urusan pemesanan tiket dimana saat sebelum dan pasca lebaran sulit mendapatkan tiket. Dan biasanya lagi mereka orang "berduit".

Dalam sehari itu ada rangkaian kereta api kelas eksekutif yang melintas di Surabaya Gubeng, tentu di wilayah lain juga ada rangkaian kereta yang membawa kawis, namun tidak terdokumentasikan karena keterbatasan waktu dan tempat.

Salah satu contoh adalah kereta api Bima Jurusan Malang - Surabaya - Gambir berangkat dari Stasiun Malang membawa kereta wisata (KAWIS) Bali dengan dobel lokomotif.

Gambar KA Bima Kawis Bali

Bima Kawis Bali

Gambar kereta wisata (Kawis) Bali dapat anda jumpai dibelakang kereta begasi warna hijau, Kawis Bali dengan desain eksterior/livery warna putih ada tulisan Bali di body kereta.

Contoh Kereta Lain yang membawa kawis dalam satu hari itu adalah KA Argo Wilis relasi Surabaya - Bandung kelas eksekutif :

Gambar Argo Wilis Priority

Kawis Priority ber livery coklat garis di body kereta ada tulisan Priority, untuk interiornya saya belum pernah melihat secara langsung, jadi tidak bisa memberikan gambar interior Kawis Priority.

Sementara itu dulu untuk postingan hari ini, dimana satu hari dua rangkaian kereta membawa kereta wisata selama masa mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Semoga menghibur dan jangan lupa lihat postingan cerita saya ketika mudik lebaran ke kampung halaman. Cerita Mudik Saya Dengan KRD Bojonegoro.

1 Response to "Satu Hari Dengan Dua Rangkaian Kereta Membawa Kereta Wisata"