Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check In Stasiun Bandung

Pada tanggal 22 Februari 2016 tepat Hari Senin di Stasiun Bandung ada program sosialisasi sekaligus awal Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check In Stasiun Bandung 2016. Penumpang harap melakukan check-in mulai 3 (tiga) jam hingga 15 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api yang akan digunakan melalui counter check-in dengan mencetak kode booking menjadi boarding pass terlebih dahulu. Bagi yang beli di online booking tidak perlu cetak tiket fisik, melainkan langsung menuju ke kounter Boarding Pass kemudian check in Stasiun Bandung.

Saat ini Counter Check In sudah dilayani di Stasiun Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Purwakarta, Banjar, Cipendeuy, Tasikmalaya, Ciamis dan Cibatu.

Sistem ini layaknya di Bandara yang coba diberlakukan di stasiun kereta api. Untuk cetak tiket / dalam bentuk boarding pass tidak perlu jauh-jauh hari tetapi  mendekati jam berangkat saja maksimal 15 menit sebelum jadwal kereta berangkat.  Sebenarnya sama saja dengan sistem sekarang yang menggunakan tiket fisik, hanya cetak tiket pas mau berangkat saja tinggal tunjukin struk pembayaran pembelian tiket dan dapat tiket dalam bentuk boarding pass.

Lihat Juga : Gambar Crane Kirow Yang Menawan.

Bagi yang memiliki bukti pemesanan (struk, email/sms notifikasi), Boarding Pass dapat dicetak dengan input kode booking yang anda miliki.

Boarding Pass Stasiun Bandung
Boarding Pass Stasiun Bandung. Gambar dari KAI121 Official Resmi FB PT KAI.

Mulai tanggal 22 Februari 2016 petugas diatas kereta api memeriksa dua bentuk tiket, yakni tiket fisik seperti umumnya tiket dan tiket dalam bentuk boarding pass. Yang diperiksa di atas kereta api oleh petugas adalah boarding pass untuk penumpang keberangkatan dari Stasiun Bandung. Untuk penumpang keberangkatan selain Stasiun Bandung masih menggunakan tiket pada umumnya. Seperti keberangkatan dari Tasikmalaya dan seterusnya. Apabila ada penumpang dengan data pada tiket keberangkatan Stasiun Bandung tetapi belum memiliki boarding pass maka petugas mensosialisasikan bahwa di Stasiun Bandung telah diimplementasikan sistem check-in  dan boarding pass.

Semoga penerepan Sistem Boarding Pass dan Check in membawa kemajuan pelayanan, dan bagi konseumen semoga menjadi lebih mudah dan cepat. Selamat Jalan KA Sarangan Ekspres.