Selamat Tinggal KA Bisnis Mutiara Selatan Bandung Surabaya PP

Halo #railwaymania. Saya ingin mengucapkan Selamat Tinggal KA Bisnis Mutiara Selatan Bandung Surabaya PP. Kereta api kelas bisnis perlahan mulai dikurangi (bisa-bisa malah dihilangkan) termasuk KA Mutiara Selatan ini. Rangkaian KA Bisnis diganti menjadi rangkaian KA Ekonomi generasi tahun 2016 keluaran terbaru.

Rangkaian KA Mutiara Selatan kelas bisnis terakhir dinas tanggal 27 September 2016 dan setelah masing-masing kereta tiba di tujuannya (Bandung dan Surabaya), rangkaian diistirahatkan. Baru pada jam keberangkatan KA Mutiara Selatan tanggal 28 September 2016 diganti menjadi rangkaian KA Ekonomi.

Ada yang mempunyai kenangan dengan kereta api kelas bisnis Mutsel ini?

Hari Kamis, tanggal 29 September 2016 rangkaian KA Mutsel kelas bisnis yang stand by di Surabaya Gubeng dikirim ke Bandung. Dengan menggunakan Jadwal Kereta api Pasundan Lebaran (7027) KA berangkat dari Gubeng pagi dan bersilang dengan KRD Kertosono di Stasiun Tarik.

Baca : KA Mutiara Selatan Menjadi KA Ekonomi Malang Bandung 

Lokomotif penarik CC2030107 alias CC20337 cap dipo induk SDT (Sidotopo) dengan rangkaian Full kelas bisnis. Berikut ini gambar KA Bisnis bekas rangkaian KA Mutiara Selatan.

Rangkaian KA Mutsel Bisnis

Livery KA Bisnis
Gambar Rangkaian KA Mutsel Bisnis dengan livery bisnis yang khas stand by di Surabaya Gubeng pada tanggal 28 September 2016 sore hari.

KA Mutiara Selatan Bisnis
Ini Bukan Kereta Pasundan Tambahan kelas bisnis lho, ini pengiriman rangkaian KA Mutiara Selatan Bisnis menuju Bandung.
KA Bisnis Mutsel
Kebetulan sekali, foto sangat backlight sebenarnya tidak layak dikonsumsi, untuk pemanis blog saya rasa sudah cukup.

Lihat Juga Selesai Sudah Tugas CC3001202 Dinas KLB Kricak.

KA Bisnis Terakhir
 Sang Masinis melambaikan tangan kepada PPKA yang bisa juga dimaknai sebagai " selamat tinggal kereta api kelas bisnis ". Sekarang eranya kereta api ekonomi komersil new concept, new design. Semoga dengan digunakannya rangkaian KA Ekonomi terbaru semakin menambah kenyamanan bagi penumpang, poin plus bagi layanan PT KAI.  Sekali lagi, Selamat Tinggal KA Bisnis Mutiara Selatan Bandung Surabaya PP.