Home » » Rute Kereta Api Krakatau Diperpendek Menjadi Blitar Pasar Senen

Rute Kereta Api Krakatau Diperpendek Menjadi Blitar Pasar Senen

Halo #railwaymania. Berita kereta api terbaru saat ini bahwa Rute Kereta Api Krakatau Diperpendek Menjadi Blitar Pasar Senen. Terhitung mulai tanggal 17 Juli 2017 KA Krakatau tidak melayani Merak Pasar Senen dan Pasar Senen Merak. Perjalanan tersebut batal atau sudah tidak jalan lagi.

Rute KA Krakatau menjadi Pasar Senen - Blitar dan Blitar - Pasar Senen lewat Purwokerto, Kutoarjo, Lempuyangan, Madiun, Kediri terakhir Blitar. Mengapa KA Krakatau dipangkas rutenya ?

Menurut pendapat pribadi dan pengamatan selama ini, KA Krakatau minim penumpang dari Merak. Okupansi penumpang menjadi kendala utama, tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk rute Merak - Jakarta.

Minimnya okupansi ini disebabkan oleh harga tiket yang semula Rp 30.000 menjadi Rp 50.000. Harga ini berasing dengan moda angkutan lain seperti Bus dengan fasilitas yang lebih baik dan waktu tempuh yang juga tidak kalah dengan KA Krakatau.

Ditambah lagi adanya KA Lokal Merak yang volume keberangkatannya banyak dengan harga tiket murah, hanya 3.000. Lokal Merak ini hanya lintas Merak Rangkas, Rangkas Tanahabang harus naik Commuterline Rangkas Tanahabang yang harganya 8.000.

Kereta Api Krakatau


Disamping itu, waktu istirahat untuk rangkaian KA Krakatau ini cukup pendek, sehingga bisa mengurangi usia kereta. Kalau diforsir terus juga tidak bagus. Rute Blitar Merak merupakan rute terpanjang kereta api penumpang jarak jauh pada jamannya.

Baca Juga KA Lokal Padalarang Cibatu


Untuk penumpang dari Merak yang ingin bepergian ke Cirebon, Purwokerto, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja, Bandung bisa menggunakan metode transit KA Lokal dan KRL atau bisa menggunakan moda angkutan bus menuju Gambir atau Pasar Senen.

Ingat, KA Krakatau rutenya menjadi Pasar Senen - Blitar mulai 17 Juli 2017. Demikian berita kereta api terbaru untuk anda.