Berburu Kereta Api Sampai Kehujanan

Apapun akan dilakukan seseorang demi tercapai apa yang diinginkan, kadang dalam mencapai hal tersebut terdapat rintangan. Rintangan yang masih bisa di terjang ya diterjang saja. Seperti yang saya alami pada saat ada berita KLB pengiriman satu biji lokomotif CC3001401 dan Kereta Inspeksi Kaldera Toba lintas Madiun-Kalimas. Tentunya lewat Surabaya Gubeng.

Berita yang saya terima (diberanda facebook) bahwa KLB jadwal seharusnya tiba di area Wonokromo-Surabaya Gubeng pukul 16.00. Kenyataannya, KLB tersebut mengalami keterlambatan hingga 1 jam lebih. #namanyajugaKLB. Saya memosisikan diri di lintasan Jalan Nias Surabaya untuk mengabadikan moment tersebut. Posisi saya waktu itu masih jam kerja dan mendekati jam pulang kerja. Antara langsung pulang melewatkan begitu saja moment ini, ataukah menunggu tapi tanpa kepastian. #nasib.

Pukul 16.30 saya stand by di lokasi, dengan sabar dan telaten saya tunggui KLB tersebut. Oh iya saya hanya mengandalkan iformasi perjalanan KLB dari FB, tidak ada informasi khusus yang memandu saya. Jadinya saya tidak tahu pasti posisi update KLB tersebut. Tidak ingin kelewatan begitu saja pada KLB ini, karena hanya sekali ini saja kesempatan yang datang.

Gambar KRD Mendung


Gambar Kereta Api Rainshot

Saya memutuskan untuk menunggu KLB datang, memandang langit hitam pekat yang sebentar lagi akan turun hujan. Saya putuskan untuk hunting dan mengambil posisi di PJL 11 (tidak masuk ruangan, hanya ngemper di jalan umum dekat PJL 11) dengan meminta ijin petugas tentunya. Dan beberapa saat setelah KRD Kertosono masuk Gubeng dan Turangga Lepas Gubeng, hujan turun dengan lebatnya, tanpa ampun sebagian celana saya basah.

Baca Juga : KA Kalimaya Akan Dihapus Perjalanannya.

Serasa dikejar dengan waktu, jam pulang kerja 17.00 sementara jam keberangkatan Dhoho ke Mojokerto 17.40. KLB belum juga melintas. Antara menunggu atau mengikhlaskan begitu saja. #panik. Akhirnya saya putuskan untuk mengikhlaskan KLB CC300, dan saya menerjang hujan yang deras menuju tempat kerja. Kehujanan membuat seluruh baju saya basah kuyup karena saya memilih mengamankan kamera saya. Sampai di tempat kerja sudah jam 17.00 dan waktunya pulang jalan kaki ke Stasiun Gubeng. Setibanya di Gubeng, sebelum KA Sancaka berangkat terlihat KLB CC300 dan Kaldera Toba parkir di Jalur 2 Stasiun Gubeng. Beruntungnya, KLB ini tunggu aman KA Barang (BBM) 2623A dan berhenti lama di Gubeng. Saya abadikan gambar tersebut walau dari Belakang. Posisi masih hujan gerimis agak lebat.

Gambar Lokomotif CC300

Akhirnya kesampaian juga Berburu Kereta Api Sampai Kehujanan demi mengejar KLB yang tidak pernah terulang kembali. Jika ingin melihat hasil foto KLB Lokomotif CC300 silakan lihat : Pengiriman Lokomtoif CC300 Madiun-Kalimas.

Kereta Api Kalimaya Ekspres Batal Jalan Mulai 1 Maret 2016

Berita kereta api update untuk anda semua, info dari twitter dan FB resmi PT KAI bahwa per 1 Maret 2016 Kereta Api Kalimaya Ekspres Batal Jalan. Perlu diketahui bahwasanya, KA Kalimaya Ekspres adalah rangkaian KA Ekonomi AC kapasitas106 penumpang tarifnya non subsidi. KA Kalimaya Ekspres melayani Jurusan Merak-Tanah Abang pp. Rute yang dilalui KA Kalimaya mulai dari Stasiun Merak, Cilegon, Serang, Rangkasbitung, Tigaraksa, Tanah Abang. Jam keberangkatan awal dari Merak ke Tanah Abang 05.40, dari Tanah Abang langsung berjalan menuju Rangkas pada jam 09.35. Dari Rangkas ke Tanah Abang 12.40 dan dari Tanah Abang kembali ke Merak 16.00. Alasan dibatalkannya operasional KA Kalimaya adalah penyesuaian rangkaian.

KA Kalimaya ini sangat cocok melayani penumpang Merak-Jakarta PP dengan jadwal pagi di Merak dan Sore di Tanah Abang.Alternatif selain KA Kalimaya, bisa menggunaka KA Patas Merak tarifnya PSO/Subsidi dan KA Krakatau KA Ekonomi Komersil. Keberangkatan KA Krakatau dari Merak 09.15 tiket Merak-Pasar Senen IDR 30.000.Alaternatif lainnya adalah KA Cepat Merak/Patas Merak dua kali jam berangkat tiap harinya, 06.00 dan 14.00 dengan tarif IDR8.000.

Lihat Juga : Gambar Lokomotif CC300 dan Kaldera Toba.

Dengan dihentikannya operasional KA Kalimaya menambah deretan panjang kereta yang dihentikan operasionalnya. Bulan Februari 2016 ini sudah ada KA Sarangan Ekspres yang batal jalan/berhenti beroperasi karena minimnya okupansi penumpang. Dulu ada juga KA Penataran Ekspres yang harus bersaing dengan KA sejenis yang mendapatkan PSO.

KA Kalimaya Ekspres
Ilustrasi KA Kalimaya Ekspres


Update : KA Kalimaya jalan tanggal 1-31 Maret 2016 dengan rute Merak - Tanah Abang dan Tanah Abang Merak. Sedangkan rute Tanah Abang - Rangkasbitung pp dihapus perjalanannya. Nomor KA Kalimaya yang masih berangkat KA 331 dan KA 334. Demikian Update terkini KA Kalimaya.

Cukup sekian informasi Kereta Api Kalimaya Ekspres Batal Jalan Mulai 1 Maret 2016 semoga harap maklum dan gunakan kereta api alternatif pengganti. Lihat Juga : Kereta Api Mutiara Timur Kesiangan.


Gambar Lokomotif CC3001401 Dan KAIS Kaldera Toba

Hari Selasa, tanggal 23 Februari 2016 adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta kereta api. Lokomotif CC3001401 dan Kereta Inspeksi/KAIS Kaldera Toba dikabarkan berjalan dari Madiun tujuan Kalimas. Perjalanan KLB lokomotif CC300 dan Kais Kaldera Toba melintasi Madiun, Wilangan, Saradan, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Tarik, Boharan, Wonokromo, Surabaya Gubeng, Kalimas. Perjalanan awal dari Madiun dikabarkan berangkat jam 10.45 WIB dan diperkirakan tiba dan melintas area Surabaya sekitar pukul 17.00. Lokomotif CC300 14 01 adalah buatan anak Bangsa Indonesia di INKA Madiun. Kami bangga karena kita sudah bisa bikin lokomotif!

Susunan rangkaian perjalanan lokomotif CC300 dan Kais Kaldera Toba adalah, lokomotif CC201108 (CC201 92 18), Lokomotif CC300 14 01 dan Kereta Inspeksi Kaldera Toba. Warna lokomotif CC201 Putih kombinasi Orange, Warna Lokomotif CC300 14 01 merah bercorak putih dan Kaisnya berwarna kuning.

Lihat Juga : Gambar Crane Kirow Yang Menawan di Hati.

Acara Hunting Foto Lokomotif CC3001401 Dan KAIS Kaldera Toba hampir saja tidak membuahkan hasil. Saat jam 16.30 wilayah Surabaya diselimuti mendung yang sangat pekat mendekati hujan deras, namun belum turun gerimis. Kekawatiran tidak bisa mengabadikan Gambar Lokomotif CC3001401 Dan KAIS Kaldera Toba menyelimuti hati. Kekawatiran terbayar sudah, di Stasiun Surabaya Gubeng, perjalanan Lokomotif CC300 14 01 dan Kaldera Toba berhenti untuk bersilang KA 2623A dari Utara. Saya bisa memfoto agak lama untuk saya persembahkan kepada anda. Berikut ini foto-foto CC300 14 01 dan Kais Kaldera Toba.

Gambar Lokomotif CC3001401


Gambar Lokomotif CC300

Gambar KAIS Kaldera Toba

Gambar Lokomotif CC3001401 Dan KAIS Kaldera Toba
Terlihat banyak crew dalam rombongan perjalanan ini, ketika salah satu ditanya, mau dibawa kemana rombongan lokomotif ini? Beliau menjawab langsung menuju Kalimas hari ini juga, tidak mampir kemana-mana. Kabarnya, dari Kalimas akan di seberangkan di Pulau Sumatera, entah untuk keperluan apa, dan digunakan untuk apa.

Demikian perjalanan Lokomotif CC300 ke Surabaya dan sajian Gambar Lokomotif CC3001401 Dan KAIS Kaldera Toba untuk anda semua. Semoga terhibur. Lihat Juga : KA Logawa Ditarik Lokomotif CC2061379 JNG.

Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check In Stasiun Bandung

Pada tanggal 22 Februari 2016 tepat Hari Senin di Stasiun Bandung ada program sosialisasi sekaligus awal Penerapan Sistem Boarding Pass dan Check In Stasiun Bandung 2016 silam. Penumpang harap melakukan check-in mulai 7 hari sebelum jadwal kereta berangkat hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Check in bisa melalui counter check-in dengan mencetak kode booking menjadi boarding pass terlebih dahulu. Bagi yang beli di online booking tidak perlu cetak tiket fisik, melainkan langsung menuju ke kounter Boarding Pass kemudian check in Stasiun Bandung.

Saat ini Counter Check In sudah dilayani di Stasiun Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Purwakarta, Banjar, Cipendeuy, Tasikmalaya, Ciamis dan Cibatu.

Sistem ini layaknya di Bandara yang coba diberlakukan di stasiun kereta api. Untuk cetak tiket / dalam bentuk boarding pass tidak perlu jauh-jauh hari tetapi  mendekati jam berangkat saja maksimal 5 menit sebelum jadwal kereta berangkat.  Sebenarnya sama saja dengan sistem sekarang yang menggunakan tiket fisik, hanya cetak tiket pas mau berangkat saja tinggal tunjukin struk pembayaran pembelian tiket dan dapat tiket dalam bentuk boarding pass.

Lihat Juga : Gambar Crane Kirow Yang Menawan.

Bagi yang memiliki bukti pemesanan (struk, email/sms notifikasi), Boarding Pass dapat dicetak dengan input kode booking yang anda miliki.

Boarding Pass Stasiun Bandung
Boarding Pass Stasiun Bandung. Gambar dari KAI121 Official Resmi FB PT KAI.

Mulai tanggal 22 Februari 2016 petugas diatas kereta api memeriksa dua bentuk tiket, yakni tiket fisik seperti umumnya tiket dan tiket dalam bentuk boarding pass. Yang diperiksa di atas kereta api oleh petugas adalah boarding pass untuk penumpang keberangkatan dari Stasiun Bandung. Untuk penumpang keberangkatan selain Stasiun Bandung masih menggunakan tiket pada umumnya. Seperti keberangkatan dari Tasikmalaya dan seterusnya. Apabila ada penumpang dengan data pada tiket keberangkatan Stasiun Bandung tetapi belum memiliki boarding pass maka petugas mensosialisasikan bahwa di Stasiun Bandung telah diimplementasikan sistem check-in  dan boarding pass.

Semoga penerepan Sistem Boarding Pass dan Check in membawa kemajuan pelayanan, dan bagi konseumen semoga menjadi lebih mudah dan cepat. Selamat Jalan KA Sarangan Ekspres.

Kereta Api Mutiara Timur Malam Kesiangan

Akibat panjir Porong yang menenggelamkan rel kereta api lintas Tanggul Angin-Porong setinggi 50 cm membuat lumpuh perjalanan kereta api. Perjalanan kereta api yang terhambat diantaranya KA Penataran Malang Surabaya dan Surabaya Blitar. Terjadi pengalihan rute Blitar-Surabaya hanya berjalan dari Bangil-Blitar. KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, hanya berjalan dari Bangil-Banyuwangi. Ada juga perjalanan kereta api yang dioper dengan bus. Seperti KA Mutiara Timur (kelas bisnis dan eksekutif) relasi Surabaya- Banyuwangi. Penumpang diantarkan ke Bangil. Atau ke Surabaya dari Banyuwangi dijemput di Bangil. Begitu juga KA Bima ekskutif (relasi Malang - Surabaya - Jakarta). Penumpang dari Jakarta ke Malang berhenti di Surabaya dilanjutkan bus. Begitu juga penumpang Malang-Jakarta ke Surabaya dulu nik bus. KA Jayabaya (relasi Malang - Surabaya - Jakarta) juga perakuannnya sama dijemput dengan bus.KA Logawa (Jember-Purwokerto) dan KA Sritanjung (Banyuwangi-Lempuyangan) dari Jember tidak menuju ke Surabayaberjalan memutar dari Jember-Bangil berbelok ke Malang-Kertosono-Jawa Tengah/ begitupun sebaliknya.

Kondisi terkini, Per tanggal 18 Februari 2016 sudah bisa dilalui dengan batas kecepatan yang telah ditentukan. Perjalanan kereta api Mutiara Timur Malam dari Banyuwangi berjalan normal dari Banyuwangi pukul 22.00 seharunya tiba di Stasiun Gubeng pukul 04.26. Kenyataan dilapangan KA Mutiara Timur Malam tiba di Stasiun Gubeng kurang lebih pada pukul 08.50.

Gambar KA Mutiara Timur

Gambar KA Mutiara Timur Siang


Walaupun rel Porong-Tanggulangin sudah bisa dilalui, namun pengaturan batas kecepatan membuat kereta tetap harus antri untuk melintas. Antriannya meliputi KA Bima dari Gubeng ke Malang, KA Probowangi Gubeng ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Malam dari Banyuwangi ke Gubeng, KA Penataran Gubeng ke Blitar dan KA Penataran dari Malang ke Gubeng.

Kondisi jadwal kereta api masih belum normal 100 %, tapi tidak sampai membatalkan perjalanan ataupun berjalan memutar terlalu jauh yang memakan biaya terlalu besar.

Gambar KA Logawa Ditarik Lokomotif CC2061379

Berikut saya sajikan Gambar KA Logawa Ditarik Lokomotif CC2061379. Foto kereta api ekonomi AC Logawa saya ambil pada tanggal 5 Februri 2016. KA Logawa berjalan dari Jember menuju Stasiun Surabaya Gubeng atau perjalanan KA Logawa nomor genap. Tidak seperti biasanya, KA Logawa ditarik lokomotif CC2061379 cap dipo induk Jatinegara dimana sebagian liverynya masih berwarna orange dengan kereta bagasi masih berwarna hijau.

Sekedar mengingatkan, KA Logawa adalah jenis kereta api ekonomi AC subsidi rute Purwokerto-Jember pp lewat Surabaya Gubeng. Kapasitas tiap kereta/gerbong sebanyak 106 penumpang dan membawa 7 kereta api ekonomi AC.

Jam berangkat KA Logawa dari Purwokerto 05.30, Jam berangkat Gubeng ke Jember 15.30. Jam keberankatan KA Logawa dari Jember 05.00, jam berangkat Gubeng ke Purwokerto 09.15 WIB. Lihat Jadwal KA Logawa Lengkapnya : Jadwal Kereta Api Ekonom AC Logawa.

Kembali lagi soal Gambar KA Logawa dengan lokomotif CC2061379. Kedatangan KA Logowa terlambat beberapa menit karena menunggu masuk KA Turangga dari Bandung yang mengalami keterlambatan parah.

Gambar KA Logawa


Gambar KA Logawa CC206

Gambar Kereta Logawa


Gambar KA Logawa Jember

Gambar KA Logawa Ditarik Lokomotif CC2061379 saya ambil di daerah Jalan Nias Surabaya, atau tepatnya di viaduk Jalan Kertajaya Surabaya. Selamat menikmati sajiannya dan semoga menghibur. Lihat Juga Gambar Crane Kirow Yang Menawan Hati.


Hari Ini KA Sarangan Ekspres Terakhir Dinas

Hari Ini KA Sarangan Ekspres Terakhir Dinas tanggal 15 Februari 2016 tepat pada Hari Senin minggu ketiga di Bulan Februari. Kereta Api Sarangan Ekspres melayani kereta api kelas bisnis rute Surabaya-Madiun pp dengan satu kali keberangkatan tiap stasiunnya. Kereta Api Sarangan Ekspres dijalankan pertama kali pada 6 Februari 2014 menggunakan rangkaian kereta api Mutiara Selatan Bandung-Surabaya. Tentunya, layanan KA Sarangan juga merupakan kereta bisnis berjumlah 6 kereta. Berarti usia KA Sarangan Ekspres hanya bertahan 2 tahun.

Jasa-jasa kereta api Sarangan Ekspres ada pada saat musim mudik dan arus balik lebaran dua tahun kebelakan. Saat itu kereta api Sarangan Ekspres masuk dalam daftar kereta yang bisa dipesan untuk mudik gratis oleh Pemprov Jatim. Sebagai pengingat, walaupun gratis tapi tetap harus bertiket, jadi sistemnya tetap pemesanan tiket, tiketnya ada harganya Rp0. KA Sarangan berpesan mengangkut pemudik dari Surabaya ke Madiun atau sebaliknya.

Dalam operasional regulernya, KA Sarangan juga berjasa atas pengangkutan penumpang saat weekend atau menjelang liburan panjang. Bersama kereta api Arjuna Ekspres KA Sarangan bahu membahu melayani penumpang di rute Surabaya Madiun. Namun saat ini kondisi dilapangan, KA Arjuna tidak jalan karena ketidakterdesiaan rangkaian. Sementara KA Sarangan Ekspres dihentikan operasinya. Lihat Juga : Gambar Crane Kirow Yang Menawan.

Gambar Kereta Api Sarangan Ekspres
KA Sarangan Ekspres Dinas Terakhir Kalinya
Lalu Bagaimana dengan penumpang Surabaya Madiun pp?Tenang, untuk penumpang Surabaya Madiun masih bisa naik kereta api dengan harga terjangkau yaitu memanfaatkan pembelian tiket kereta api komersil 2 jam sebelum keberangkatan. Tiket KA Komersil 2 jam sebelum keberangkatan kelas eksekutif Madiun Surabaya atau sebaliknya Rp 80.000 sedangkan Kelas Bisnis Rp 50.000.

Hal ini masih belum akomodatif jika menjelang hari raya dan liburan panjang, tiket Surabaya Madiun akan habis duluan bahkan H-90 sampai dengan H-30. Tidak ada alternatif lain selain menjalankan kereta api Arjuna Ekspres untuk melayani penumpang Surabaya Madiun pp.

Akhir kata, terima kasih sudah pernah menjalankan Kereta Api Sarangan Ekspres, usiamu cuma 6 Februari 2014 - 15 Februari 2016. Baca Juga Kereta Api Sarangan Ekspres di Hapus.

Gambar Crane Kirow Yang Menawan

Satu lagi spesies kereta api berupa alat berat atau Crane Kirow yang sempat saya jumpai di Stasiun Sepanjang. Tanggal 12 Februari 2016 Crane Kirow saat melakukan perjalanan pulang kandan setelah beberapa hari berdinas di area Daop 8 khususnya Dipo Sidotopo. Tentunya tugas yang diemban adalah tugas berat, karena harus angkat-angkat barang yang tidak terpakai, ada beberapa gerbong kereta api yang ditumpuk, ditata di area Dipo Sidotopo.

Fungsi lain dari Crane Kirow untuk mengevakuasi PLH atau kereta anjlok jika tidak bisa diatas secara normal. Atau jika medan PLH terlalu sulit untuk evakuasi, Crane Kirow biasanya langsung dipanggil untuk tugas.

Salah satu PLH yang pernah ditangani, Anjloknya kereta barang di Dupak yang menimpa perumahan warga. Evakuasi normal dirasa sulit karena rapatnya perumahan warga, maka didatangkanlah Crane Kirow untuk mengevakuasi.

Lihat Juga : Gambar Lokomotif CC206 15 05 Berdinas KA Bima.

Perjalanan Crane Kirow dari Sidotopo ke arah barat bersilang KA KRD Kertosono di Stasiun Sepanjang. Dengan sebuah lokomotif CC206 13 48 dipo induk Sidotopo. Susunan rangkaiannya adalah, lokomotif, Crane Kirow dan Satu buah Gerbong.

Gambar Krane Kirow


Gambar Crane Kirow

Gambar Krane Kiroww


Krane Kirow

Saya sempat foto-foto lama di area Stasiun Sepanjang ini, saat KRD bersilang Crane Kirow saya langsung turun untuk mengabadikan moment perjalanan kereta api ini. Demikian reportase bergambar dari saya, mudah-mudahan berguna bagi semuanya. Jangan lupa lihat juga Satu Rangkaian Komuter SUSI New Livery.

Gambar Rangkaian Komuter SUSI Berjalan Sendiri

Gambar Rangkaian Komuter SUSI Berjalan Sendiri bukan rangkaian yang lengkap. Lho kok bisa?Ceritanya, foto ini saya ambil pada tanggal 11 Februari 2016 pagi hari pukul 07.16 WIB di PJL 8 Gubeng. Komuter SUSI adalah jenis kereta api non lokomotif jurusan Surabaya - Porong pp melayani dua kali keberangkatan. Biasanya terdiri dari 4 rangkaian seperti itu, satu rangkaiannya bisa jalan sendiri karena ada mesin penggeraknya.

Tampak pada gambar komuter tersebut sudah diganti catnya, diganti livery ke New Livery "airlines". Perjalanan Komuter yang berjalan sendiri berada dibelakan KA KRD Kertosono KTS-SB dengan nomor KA 478. Komuter tersebut tidak ditarik lokomotif, tetapi "nggelinding" sendiri seperti lokomotif sruntulan.

Baca Juga : Jalur Surabaya Banyuwangi Terhambat Banjir.

Dulu Gambar Livery Komuter lawas itu seperti gambar ini :

Gambar KA Komuter Porong

Bisa jadi, salah satu rangkaian komuter tersebut habis di permak di Balai Yasa Yogyakarta dengan cat baru, warna baru, livery baru namun interiornya belum tentu baru. Yuk kita lihat sama-sama salah satu rangkaian KA Komuter yang sudah berganti kulit tersebut .

Gambar Rangkaian SUSI


Gambar KA SUSI

Gambar SUSI Sendiri


Gambar Komuter New Livery

Tuh kan beda banget antara livery lama dengan livery baru, cat pintu warna orange khas warna kereta api ekonomi yang dulu. Perjalanan rangkaian komuter new livery berurutan masuk Gubeng, Komuter SUSI yang asli, KRD Kertosono, KA Tumapel, KA KRD Bojonegoro tujuan Sidoarjo.

Demikian hasil hunting Minggu ini yang sudah saya posting dengan post berlabel #fotogaleri. Semoga dapat menambah hiburan bagi anda. Ternyata Tiket Thermal KRD, Dhoho dan Penataran Bisa di Tukar Jadwalnya.

Jalur Kereta Api Banyuwangi Surabaya Terhadang Banjir

Hari ini tanggal 12 Februari 2016 jalur kereta api Banyuwangi Surabaya terhadang banjir di petak Porong-Tanggulangin. Informasi terakhir yang saya dapat dari informasi di Stasiun Gubeng bahwa banjir setinggi 40 cm diatas kepala rel. Banjir terjadi karena curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya khususnya wilayah porong. Sebenarnya banjir ini sudah menjadi langganan daerah tersebut yang mepet dengan tanggul semburan lumpur Sidoarjo. Keadaan banjir tersebut tidak memungkinkan kereta api untuk meneruskan perjalanan. Salah satu hambatannya adalah AC yang menempel di kereta akan ikut terkena air jika diterabas.

Selain Jalur Kereta Api Banyuwangi Surabaya, Jalur ini juga mematikan rute Malang Surabaya dimana titik pertemuannya ada di Stasiun Bangil, Pasuruan. Beberapa kereta api lokal Daop 8 mengalami hambatan perjalanan/rintangan jalan.

Kereta Api Penataran Malang Surabaya yang paling pagi perjalanannya tidak sampai Surabaya Gubeng, begitu juga Komuter Porong Surabaya berangkat awal Stasiun Tanggulangin. Kereta Api yang dari Surabaya ke Malang dibatalkan dan biaya di kembalikan 100% tanpa potongan. Dalam pengumuman "announcer" Stasiun Gubeng, kereta api Penataran jam berangkat Gubeng 07.40 batal jalan dan penumpang bisa mengambil uang tiket full tanpa potongan.

Gambar Refund Tiket KAI
Suasana Refund Tiket KA Penataran Oleh Penumpang.

Untuk kereta api dari Banyuwangi ke Surabaya tetap tunggu kabar lebih lanjut. Jika mengacu kebiasaan sebelumnya, penumpang kereta api dari Gubeng di Oper Bis ke Bangil dan lanjut dengan KA Mutiara Timur Siang yang sudah stand by di Bangil. KA Logawa muter Malang dimana perjalanannya semakin jauh dan waktu tempuhnya jadi lama. Baca Juga : Tukar Jadwal Tiket KA Dhoho Penataran.

Ternyata Bisa Tukar Jadwal Tiket Thermal KRD Dhoho Penataran

Ada pengalaman baru lagi nih dari seputaran tiket kereta api Penataran, Dhoho dan KRD. Ternyata tiket thermal ditukar jadwal keberangkatannya untuk kereta api Penataran, Dhoho dan KRD. Pengalaman ini pernah saya alam pada suatu waktu saya tidak jadi naik kereta api Dhoho karena suatu hal mendadak. Berhubung jadwal keberangkatan Dhoho masih lama, saya mencoba menukarkan tiket Dhoho saya ke tiket Dhoho juga dengan jadwal yang berbeda atau jadwal keberangkatan keesokan harinya. Ternyata dilayani dengan baik di Stasiun Surabaya Gubeng.

Syarat menukar jadwal kereta api yang menggunakan tiket thermal hanya menunjukkan tiket kita yang akan ditukar, dan fotokopi KTP buat jaga-jaga aja bila diminta tidak bingung untuk meyediakannya. Oh iya, sekalian tulis formulir pemesanan warna biru yang sudah ditullis nama penumpang, nama kereta, tujuannya dan jangan lupa tanggal keberangkatan serta jam keberangkatan.

Lampirkan tiket kita pada formulir tersebut sekalian bilang, tukar jadwal atau ganti jadwal. Bila petugas tidak meminta syarat fotokopi KTP berarti proses sudah berhasil.

Tukar Jadwal Tiket Thermal KRD Dhoho Penataran

Untuk biaya tukar jadwal tiket thermal yang harus dikeluarkan sebesar RP 3.000, jadi kita nambah Rp 3.000 atau tiket lama kita dipotong 3.000. Lumayan kan, dari pada tiket lama dibuang atau hangus dan kita beli lagi tiket dengan jadwal keberangkatan yang lain kita bayar RP 10.000-15.000 tergantung jurusan yang kita tuju.

Sudah itu saja, simpek sekali untuk tukar tiket kereta api Penataran, Dhoho, KRD. Ada kemungkinan pengalaman yang anda alami berbeda dengan saya. Semoga pengalaman ini berguna bagi anda semua sebagai acuan informasi untuk tukar jadwal kereta api lokal Daop 8.  Baca Juga : Jadwal KRL Bekasi Jakarta Kota.

Jadwal KRL Commuter Line Bekasi Jakarta Kota 2019

Berikut ini saya sampaikan Jadwal KRL Commuter Line Lintas Bekasi - Jakarta Kota 2019 yang sudah menggunakan 12 gerbong KRL. Dengan ditambahnya gerbong KRL Bekasi-JAKK, kapasitas angkutan penumpang bertambah. Sebagian penumpang tidak perlu menunggu jadwal berikutnya.

Rute KRL Bekasi Jakarta Kota atau disebut Blue Line mulai dari Bekasi, Kranji, Cakung, Klender Baru, Buaran, Klender, Jatinegara, Manggarai, Cikini, Gondangdia, Juanda, Sawah Besar, Mangga Besar, Jayakarta, Jakarta Kota.

Jadwal KRL Bekasi Jakarta paling pagi dengan 12 kereta jam 06.50 WIB Sedangkan keberangkatan paling sore 19.20 WIB.

Keberangkatan KRL Jakarta ke Bekasi paling pagi 05.58 WIB sedangkan keberangkatan paling sore 17.48 WIB.

Jadwal KRL Commuter Line Bekasi Jakarta Kota

Lihat Juga : Gambar Lokomotif CC206 105 berdinas KA Bima.

Untuk tabel waktu silakan lihat nomor kereta, tujuan dan jam berangkat. Hati-hati untuk calon penumpang di Stasiun Cakung untuk memperhatikan himbauan dari petugas stasiun, karena peron Cakung ada yang tidak muat. Anda bisa masuk ke kereta dengan menggunakan peron yang lebih tinggi supaya mudah dan nyaman.

Nomor Kereta Relasi Berangkat
1311 Bekasi - Jakarta Kota 04.35
1315 Bekasi - Jakarta Kota 04.55
1333 Bekasi - Jakarta Kota 05.18
1339 Bekasi - Jakarta Kota 05.35
1355 Bekasi - Jakarta Kota 10.00
1361 Bekasi - Jakarta Kota 10.40
1377 Bekasi - Manggarai 12.37
1383 Bekasi - Jakarta Kota 13.20
1401 Bekasi - Jakarta Kota 14.58
1407 Bekasi - Jakarta Kota 15.35
1425 Bekasi - Manggarai 17.22
1433 Bekasi - Jakarta Kota 18.13
1443 Bekasi - Jakarta Kota 19.07
1455 Bekasi - Manggarai 20.42
1461 Bekasi - Jakarta Kota 21.31
 
Nomor Kereta Relasi Berangkat
1300 Manggarai-Bekasi 04.55
1312 Jakarta Kota-Bekasi 06.30
1316 Jakarta Kota-Bekasi 06.58
1334 Jakarta Kota-Bekasi 08.46
1340 Jakarta Kota-Bekasi 09.21
1356 Jakarta Kota-Bekasi 10.59
1362 Jakarta Kota-Bekasi 11.46
1378 Jakarta Kota-Bekasi 13.58
1384 Jakarta Kota-Bekasi 14.21
1402 Manggarai-Bekasi 16.05
1408 Jakarta Kota-Bekasi 16.42
1426 Jakarta Kota-Bekasi 18.06
1434 Jakarta Kota-Bekasi 19.14
1444 Jakarta Kota-Bekasi 20.15
1462 Jakarta Kota-Bekasi 22.54

Demikian Informasi Jadwal KRL Commuter Line Bekasi Jakarta Kota 2019 yang sudah menggunakan 12 gerbong KRL untuk anda semua. Baca Juga : Penambahan Jadwal KRL JAKK-TPK.

KA Siliwangi Cianjur Sukabumi Pakai Tiket Thermal

Ada kabar baru lagi dari KA Siliwangi rute Cianjur Sukabumi pp, bahwa setelah perubahan status KA Siliwangi menjadi KA Perintis, tiket KA Siliwangi beralih tiket thermal. Sama seperti tiket kereta api lokal di Daop 1 Jakarta dan tiket KA Lokal di Daop 8 Surabaya. Dengan beralih ke tiket thermal, berarti sistem pembelian tiket hanya bisa dibeli 3jam sebelum jadwal kereta berangkat.

Rute KA Siliwangi dari Sukabumi ke Cianjur adalah Sukabumi, Gandasoli, Cireungas, Lempegan, Cibeber, Cianjur.

Baca Juga : Gambar Lokomotif CC206 15 05 berdinas KA Bima.

Jadwal keberangkatan KA Siliwangi dari Sukabumi : 05.45, 10.20, 15.50.
Sedangkan Jadwal Keberangkatan KA Siliwangi dari Cianjur ke Sukabumi : 08.15, 13.50, 18.15


Harga Tiket KA Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi PP sebesar Rp 3.000 untuk sekali jalan. Rangkaian KA Siliwangi menggunakan 4 kereta api ekonomi AC 106 penumpang. Pembelian tiket KA Siliwangi dilayani 3 jam sebelum jadwal kereta berangkat. Tidak melayani pemesanan lagi seperti dulu. Baca Juga : Booking Tiket KA Pangrango bisa Online Lagi.


Nomor Kursi Kereta Api Kedobelan

Waktu naik kereta api lokal Daop 8 dari Surabaya Gubeng ke Mojokerto dengan KA Dhoho nomor kereta KA 455 ada pengalaman baru buat saya. Pengalaman yang mungkin bisa buat pelajaran bagi penumpang lainnya. Kejadian terjadi Hari Senin di Bulan Februari 2016 di dalam kereta api Dhoho jurusan Surabaya Gubeng Mojokerto. Kejadian yang saya alami ini tidak bermaksud menyudutkan, menyalahkan siapaun, atau pihak manapun.

Pada saat kereta tiba di Stasiun Gubeng, langsung saya tuju kereta nomor 3 dengan nomor tempat duduk 10D sesuai yang tertera di tiket. Ternyata di kursi yang saya sebut, sudah ada yang menempatinya. Saya bermaksud menanyakan {dengan baik-baik) bahwa saya "pemilik" nomor tempat duduk tersebut.

Baca Juga : Penambahan Jadwal KRL Commuter Line TPK-JAKK

Respon yang diberikan oleh orang tersebut, menanyakan kepada saya, mungkin saya salah lihat tiket. Setelah saya cek kembali untuk memastikan, ternyata benar. Kereta 3 Nomor 10D, Sempat terjadi selisih paham sebentar. Akhirnya kami kroscek kedua tiket tersebut dan ternyata memang benar, beliau juga menempati Kereta 3 nomor 10D. Berarti terjadi nomor tempat duduk kereta api kedobelan. Wah sistem online kok bisa kedobelan pikir saya, tidak mungkin bisa mengakali sistem.

Gambar Tiket Thermal Dhoho


Ternyata nomor 10E juga dimiliki oleh dua orang, begitu juga 9D dan 9E yang ada di kereta 3 juga mengalami kedobelan. Pikir kami semua, mana mungkin sistem online yang sudah terprogram masih bisa dobel. Akhirnya saya mempersilakan nomor 10D untuk ditempati orang tersebut, sementara saya ndompleng minta tempat duduk orang lain. Isitilahnya TTD "titik deng".

Sesaat setelah keheranan kami mereda, ada petugas polsuska lewat dan kami langsung menanyakan kepada beliau. Ternyata responnya cepat. Tiket kami diambil untuk di periksa kembali dan dikroscek di Stasiun Wonokromo. Kebetulan kereta pas berhenti di Stasiun Wonokromo. Setelah beberapa menit (kurang lebih 10 menit) untuk kroscek petugas tadi menghampiri kami dan masalah terselesaikan. Katanya kesalahan petugas loket yang melayaninya. Dan tiket sudah dicetak kembali dengan formasi 4 orang tidak mendapatkan tempat duduk alias TTD, titik deng.

Intinya saya tidak mempermasalahkan tiket yang kedobelan, karena bagi saya yang penting bisa terangkut kereta/naik kereta sudah merupakan kenikmatan yang luar biasa. Respon petugas crew kereta juga luar biasa cepat dan bisa menyelesaikan dengan pelayanan yang baik.

Demikian cerita pengalaman saya naik kereta api lokal yang nomor tempat duduknya bisa kedobelan dengan penumpang lainnya. Semoga bermanfaat. Lihat Juga : Gambar Lokomotif CC206105 Berdinas KA Bima.

Gambar Lokomotif CC206 15 05 Saat Berdinas KA Bima

Halo railway mania. Lagi-lagi posting berlabel #fotogaleri saya persembahkan untuk anda semua. Gambar Lokomotif CC206 15 05 saat berdinas KA Bima. Lokomotif nomor seri CC206105 alias CC206 15 05 merupakan lokomotif keluaran terbaru dari PT KAI pengiriman gelombang kedua atau batch 2 dari GE USA. Terlihat foto lokomotif masih bersih belum ada kotoran/noda yang nempel di badan lokomotifnya.

Kereta Api Eksekutif Bima atau nomor kereta KA 43 berangkat Stasiun Gubeng 17.00 WIB membawa 8 Kereta Eksekutif/ K1. Suara deru lokomotifnya masih nyaring tanpa berisik dan suara semboyan 53 yang sama dengan pendahulunya, Puooongs.

Baca Juga : Kereta Api Sarangan Ekspres dihentikan Operasionalnya.

Langsung saja kita lihat sama-sama gambar lokomotif CC206 15 05 Cap dipo induk Jatinegara (JNG) saat berdinas KA Bima.

KA Bima ditarik CC206 15 05

KA Bima CC206 105

gambar lokomotif CC206 15 05 dinas KA bima

Lokasi pengambilan gambar berada di viaduk Kertajaya Surabaya pada pukul 17.03 WIB dengan cuaca cerah. Jika ingin melihat foto galeri lainnya silakan lihat Gambar Kereta Api Bima ditarik Lokomotif CC20640.